ANDRIYANI, DIAN FITRI (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 DEMPET. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DIAN FITRI ANDRIYANI 18110072.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
DIAN FITRI ANDRIYANI. NPM 18110072. “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas XI
SMA Negeri 1 Dempet”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini berdasarkan data awal dari
AKPD, Angket, Observasi, Wawancara adalah rendahnya kepercayaan diri
peserta didik. hal ini disebabkan peserta didik merasa takut untuk berpendapat
dikarenakan grogi dan gemetaran jika berbicara di depan kelas atau di ruang
google meetting, peserta didik merasa takut salah jika hendak berpendapat,
peserta didik mengatakan fisik menjadi salah satu faktor utama untuk
memberanikan diri tampil di depan kelas maupun goole meeting, selain itu juga
faktor dari dalam diri sendiri yaitu ketidakpercayaan akan kemampuanya sendiri.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh jawaban apakah ada pengaruh
layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kepercayaan diri peserta
didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True
Eksperimen Design dengan desain Pretest-Posttest Control Design. Populasi
penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI
MIPA SMA Negeri 1 Dempet dengan jumlah 231 peserta didik, terdapat 7 jumlah
kelas. Sampel yang terpilih adalah XI MIPA 7 berjumlah 30 peserta didik,
dengan menggunakan teknik Probability Sampling berbentuk Cluster Sampling.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi, observasi dan
angket.
Hasil analisis angket skala psikologis kepercayaan diri peserta didik
menunjukan bahwa prosentase layanan bimbingan kelompok teknik diskusi ada
perbedaan antara kelompok eksperimen (88,26%) dan kelompok kontrol
(74,53%). Berdasarkan hasil uji t di ketahui taraf signifikan 5% untuk
(28=0,05) = 2,048 maka > 5.605 > 2,048. Maka dapat disimpulkan
bahwa keputusan hipotesis uji hipotesis > maka ditolak dan
diterima. Sehingga hipotesis penelitian ini berbunyi “Ada Pengaruh Layanan
Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik
Kelas XI SMA Negeri 1 Dempet”. Pengaruhnya yaitu kepercayaan diri peserta
didik meningkat setelah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok teknik
diskusi.
Saran yang dapat disampaikan untuk guru bimbingan dan konseling adalah
layanan
bimbingan
kelompok
teknik
diskusi
dapat
digunakan
untuk
mengintervensi kepercayaan diri peserta didik.
Kata kunci: Kepercayaan Diri, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik
Diskusi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 07:26 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 07:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2631 |