WULANSARI, ANASTASIA SEKAR RATNA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SD KANISIUS HASANUDIN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ANASTASIA SEKAR RATNA WULANSARI 19126005.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ANASTASIA SEKAR RATNA WULANSARI. NPM 19126005. “Peningkatan
Kemampuan Menulis Cerita Melalui Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas III
SD Kanisius Hasanudin Semarang”, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih banyak terdapat
kesulitan siswa dalam hal menulis cerita. Hal tersebut disebabkan karena Guru saat
menyampaikan materi juga terlihat masih kurang terampil dan belum menggunakan
beberapa pendekatan yang ada serta lebih berfokus pada nilai yang didapatkan siswa
bukan pada kepahaman dari siswa itu sendiri.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah penerapan model Picture and
Picture dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas III SD Kanisius
Hasanudin Semarang pada saat pembelajaran menulis cerita?, 2) Apakah penerapan
model Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SD
Kanisius Hasanudin Semarang pada saat pembelajaran menulis cerita? Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk Meningkatkan keterampilan guru
dalam pembelajaran menulis cerita dengan menerapkan model Picture and Picture pada
siswa kelas III SD Kanisius Hasanudin Semarang, Meningkatkan aktivitas belajar siswa
dalam pembelajaran menulis cerita dengan menerapkan model Picture and Picture pada
siswa kelas III SD Kanisius Hasanudin Semarang, Meningkatkan keterampilan menulis
siswa dalam pembelajaran menulis cerita dengan menerapkan model Picture and Picture
pada siswa kelas III SD Kanisius Hasanudin Semarang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa SD Kanisius Hasanudin Semarang tahun pelajaran 2021/2022. Sampel
yang diambil adalah 16 siswa kelas III dengan menggunakan model Picture and
Picture. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi, dan observasi.
Berdasarkan hasil Aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis cerita dengan
menggunakan model picture and picture mengalami peningkatan. Pada siklus I
perolehan rata-rata skor adalah sebesar 14,48 dengan kriteria baik serta pada siklus II
perolehan rata-rata skor meningkat menjadi 16,24 dengan kriteria sangat baik. Hasil
belajar siswa berupa kemampuan menulis cerita dengan menggunakan model Picture
and picture mengalami peningkatan. Adapun penjabaran hasil datanya adalah sebagai
berikut: Pada siklus I pertemuan pertama nilai rata-rata adalah sebesar 70 dengan
persentase ketuntasan 70%, pada siklus I pertemuan kedua nilai rata-rata sebesar 70
dengan persentase ketuntasan sebesar 75%. Sedangkan pada siklus II pertemuan
pertama diperoleh nilai rata-rata sebesar 80 dengan persentase ketuntasan sebesar 85%,
kemudian pada siklus II pertemuan kedua diperoleh nilai rata-rata sebesar 85 dengan
persentase ketuntasan sebesar 90%. Hal ini telah mencapai indicator keberhasilan
ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan yaitu sebesar 75%.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model
pembelajaran Picture and picture dapat digunakan sebagai salah satu alternative guru
dalam mengaja
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 07:34 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 07:34 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2622 |