Swara, Arul Mega (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BRAIN GYM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS V POKOK BAHASAN SIKLUS AIR DI SDN 1 TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ARUL MEGA SWARA 19120429.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
ARUL MEGA SWARA, NPM 19120429. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning Berbantuan Brain Gym Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V
Pokok Bahasan Siklus Air di SDN 1 Tunjungan Kabupaten Blora”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang, 2023.
Latar belakang dari penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi
siswa kelas V di SDN 1 Tunjungan, misalnya saja kurang aktifnya siswa dalam proses belajar,
pembelajaran yang masih berpusat pada guru, dan belum digunakannya model pembelajaran
yangs sesuai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning berbantuan brain gym terhadap Kemampuan Berpikir
Tingkat Tinggi Siswa Kelas V Pokok Bahasan Siklus Air di SD N 1 Tunjungan Kabupaten
Blora? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning pada materi siklus air dilihat dari peningkatan kemampuan berpikir
tingkat tinggi siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan desain One Group Pretest
Postest. Sampel penelitian ini adalah 33 siswa kelas V. Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan oleh peneliti yaitu observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu
menggunakan uji-t
Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan brain
gym terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, hasil nilai yang diperoleh kelas V SDN 1
Tunjungan memeroleh hasil yang baik dibuktikan dengan perolehan nilai uji t adalah 12,79. Bila
dibandingkan dengan tabel pada taraf kepercayaan 95% yang menunjukkan angka -25,17, maka
dapat dilihat bahwa lebih besar dibandingkan tabel ,yaitu 12,79>0,05 .
Berdasarakan kriteria pengujian yang telah ditetapkan yaitu : maka Ho ditolak
dan Ha diterima, dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan antara nilai rata-rata pretest dan
posttest secara signifikan, artinya ada pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah
menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL).
Saran dari penelitian ini adalah supaya model pembelajaran Problem Based Learning
dapat digunakan salah satu alternatif guru dalam kegiatan belajar mengajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 01:56 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 01:56 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/262 |