PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROUND ROBIN TERHADAP KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA SMA PGRI PATI TAHUN AJARAN 2021/2022

SUPRAYOGO, AGUNG (2022) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROUND ROBIN TERHADAP KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA SMA PGRI PATI TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Agung Suprayogo 17110110.pdf] Text
Agung Suprayogo 17110110.pdf

Download (7MB)

Abstract

Agung Suprayogo. NPM 17110110. Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan
Teknik Round Robin Terhadap Kecanduan Game Online Pada Siswa SMA PGRI
Pati Tahun Ajaran 2021/2022. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2021. Dr. Heri Saptadi Ismanto,
S.Pd, M.Pd., Kons. Agus Setiawan, S.Pd., M.Pd.
Teknologi Informasi pada era modern ini sedang berkembang dengan pesatnya
sehingga dapat mempermudah kita dalam melakukan komunikasi, mencari
informasi dan bahkan dalam hal hiburan sekalipun. Perkembagan pesat game online
dipengaruhi dengan berkembang pesatnya teknologi yang semakin canggih dari
tahun ke tahun. Ternyata dibalik mudahnya akses game online yang bisa digunakan
oleh siapa saja dan dimana saja dapat menimbul rasa kecanduan yang menyebab
kan pemainnya lupa akan aktivitasnya didunia nyata. Fenomena kecanduan game
online sudah terjadi di SMA PGRI Pati pada kelas XI MIPA,. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik
round robin terhadap rasa kencaduan game online pada siswa SMA PGRI Pati.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan
kelompok dengan teknik round robin terhadap kecanduan game online pada siswa
SMA PGRI PATI.
Pada hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang terjadi pada delapan siswa
setelah dilakukannya layanan bimbingan kelompok, bukti terjadinya pengaruh
setelah dilakukannya layanan bimbingan kelompok dapat dilihat dari data hasil
pretest yang dilakukan oleh peneliti sebelum dilakukannya layanan bimbingan
kelompok, pada data pre test terdapat delapan siswa pada kategori tinggi dengan
presentase 44%, 1 siswa pada kategori sedang dengan presentase sebesar 6% dan 9
siswa pada kategori sangat rendah dengan presentase sebesar 50%. Peneliti
mengambil delapan siswa yang memiliki kategori kecanduan game online tinggi.
Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik round robin, peneliti
melakukan pengumpulan data post test. Hasil dari data post test menunjukan
penurunan kategori terhadap delapan siswa yang memiliki kategori tinggi, dari
delapan siswa yang memiliki kategori tinggi, pada hasil post test terdapat 3 siswa
berada di kategori rendah dengan jumlah presentase sebesar 38% dan terdapat 5
siswa berada di kategori sedang dengan jumlah presentase sebesar 63%. Dari hasil
pre test dan post test serta diberikannya layanan bimbingan kelompok sebanyak tiga
kali, Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara layanan bimbingan
kelompok dengan teknik round robin terhadap kecanduan Game Online pada siswa.
Kata Kunci : Kecanduan Game Online, Layanan Bimbingan Kelompok, Round
Robin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 07:06
Last Modified: 08 Mar 2024 07:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2612

Actions (login required)

View Item
View Item