SISWADI, AGUNG (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIS PADA SOAL CERITA DALAM MENGUKUR TINGKAT NUMERASI SISWA KELAS V SD NEGERI NGEMPLAK KIDUL 03 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AGUNG SISWADI 18120065.pdf
Download (1MB)
Abstract
AGUNG SISWADI. NPM 18120065. “Analisis Kemampuan Matematis
Pada Soal Cerita Dalam Mengukur Tingkat Numerasi Siswa Kelas V SD Negeri
Ngemplak Kidul 03 Pati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang.2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kesulitan peserta didik
dalam mengerjakan soal numerasi dalam bentuk soal cerita yaitu ketidakmampuan
mereka dalam menerjemahkan soal cerita ke dalam model matematika. Tujuan
penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan matematis siswa dalam
menyelesaikan soal cerita. Pendekatan yang akan dilakukan dalam penelitian ini
yaitu pendekatan penelitian deskritif kualitatif. Pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan cara tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi.
Pengambilan subjek pada penelitian ini dengan teknik purposive sampling.
Berdasarkan hasil penelitian di SD Negeri Ngemplak Kidul 03, Siswa yang
memiiliki kemampuan rendah sudah mampu melaksanakan tahap memahami
masalah dan merencanakan pemecahan masalah, namun subjek masih kurang
dalam melaksanakan rencana pemecahan dan belum mampu memeriksa kembali
pemecahan. Siswa yang memiliki kemampuan sedang mulai memecahkan
masalah Polya dengan langkah memahami masalah, merencanakan pemecahan
masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali
pemecahan. Siswa yang memiliki kemampuan tinggi dapat melaksanakan empat
langkah pemecahan masalah polya, yaitu memahami masalah, merencanakan
pemecahan, melaksanakan rencana pemecahan, dan memeriksa kembali
pemecahan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan kepada guru
yaitu Guru diharapkan lebih banyak memberikan latihan soal AKM numerasi
dengan langkah-langkah yang baik dan benar.
Kata kunci: kemampuan matematis, soal cerita, numerasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 07:02 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 07:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2607 |