Luthfiyatun, Luthfiyatun (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS VB SD NEGERI KARANGTOWO KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
LUTHFIYATUN, NPM 18120081 “Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu
Multimedia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas
VB SD Negeri Karangtowo Kabupaten Demak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I : Dr.
Fine Reffiane, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Mira Azizah, S.Pd., M.Pd. 2022.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah atau
kurang dari kriteria baik pada kelas VB SD Negeri Karangtowo Kabupaten Demak. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah apakah model project based learning efektif pada
peningkatan hasil belajar peserta didik di SD Negeri Karangtowo. Tujuan penelitian yang ingin
dicapai adalah untuk mengetahui adanya keefektifan model project based learning terhadap
hasil belajar peserta didik dengan sebelum penggunaan model dan sesudah penggunaan model
project based learning berbantu multimedia tema 8 lingkungan sahabat kita kelas VB SD
Negeri Karangtowo Kabupaten Demak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VB SD Negeri Karangtowo. Sampel
yang diambil adalah peserta didik dari kelas VB yang berjumlah 25 orang dengan menggunakan
teknik Non Probabiliy Sampling yang merupakan jenis sampling jenuh. Data dalampenelitian
ini diperoleh melalui wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data
penelitian menunjukkan bahwa adanya keefektifan model project based learning berbantu
multimedia terhadap hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan dan
menunjukkan adanya kenaikan sebesar 20,88% setelah dilakukannya tes berupa pretest dan
posttest kepada peserta didik.
Hasil analisis data setelah dilakukan hipotesis dengan analisis hasil belajar peserta didik
diperoleh nilai rata-rata pretest 53,64 dan nilai rata-rata posttest 74,52. Hal ini dibuktikan
dengan perhitungan t dengan db = N-1 = 25 – 1 = 24, dan taraf signifikan 0,05 sebesar 2,064.
Karena t hitung > t tabel yaitu 9, 556 > 2,064, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga
terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest model Project Based Learning berbantu
multimedia Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 2 Perubahan Lingkungan kelas VB SD
Negeri Karangtowo Kabupaten Demak Tahun ajaran 2021/2022.
Selain itu, terdapat hasil uji N-gain dengan kategori sedang, dan dengan ketuntasan
belajar peserta didik mencapai 80% sesudah diberikannya perlakuan dengan menggunakan
model project based learning berbantu multimedia dibandingkan dengan sebelum diberikan
perlakuan. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan hasil tiga indikator tersebut maka terdapat
keefektifan model project based learning berbantu multimedia terhadap hasil belajar peserta
didik pada tema lingkungan sahabat kita kelas VB SD Negeri Karangtowo Kabupaten Demak.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah supaya model project
based learning berbantu multimedia dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam
mengajar dan dapat dijadikan model variatif dan inovatif dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : model project based learning, multimedia, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 07:01 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 07:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2606 |