PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA SMP N 1 WEDUNG

Saputri, Luthfiani (2022) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA SMP N 1 WEDUNG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LUTHFIANI SAPUTRI 17110104.pdf] Text
LUTHFIANI SAPUTRI 17110104.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
LUTHFIANI SAPUTRI. NPM 17110104. Pengaruh Pola Asuh Orangtua
Terhadap Perilaku Bullying Siswa SMPN 1 Wedung. Skripsi. Program Studi
Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2022
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Kepribadian seseorang
tumbuh sejak masa kanak-kanak secara bertahap. Kepribadian berasal dari factor
genetik dan respons terhadap lingkungannya. Melihat hal tersebut dapat diketahui
bahwa kepribadian dapat berubah seiring dengan berjalannya hidup. Pengalaman
seseorang dalam menghadapi masalah, benturan hidup, dan berbagai hal lainnya
membentuk kepribadian seseorang pada masa dewasa
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Perundungan atau bullying adalah
tindakan negatif yang harus diintervensi dikarenakan lingkungan tersebut mampu
mempengaruhi kepribadian seseorang di masa depan. Dampak dari perundungan
adalah untuk mencegah korban memiliki perasaan yang negative atau tindakan
buruk lainnya di masa depan. Penelitian mengenai perundungan menarik karena
penelitian sebelumnya tidak jelas dalam mengklasifikasikan suatu tindakan
kedalam kasus perundungan atau bukan (tidak dapat membedakan antara
perundungan dan bercanda), maka masalah yang dapat diidentifikasi adalah
sebagai berikut: Indonesia berada di peringkat 5 dari 78 negara yang mempunyai
kasus perundungan tertinggi mengacu pada riset Programme for International
Students Assessment (PISA). Kasus perundungan masih terjadi diantara pelajar di
Desa Bungo dimana korban mengalami tekanan setelah dilakukan perundungan
oleh teman-temannya. Pola asuh orang tua siswa SMPN 1 Wedung dominan dan
kurang mau mendengar pendapat anaknya. Adapun pertanyaan penelitian adalah
seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua terhadap bullying siswa SMPN 1
WEDUNG.
Penelitian ini adalah penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif.
Penelitian kausalitas bertujuan untuk menguji pengaruh dimana pada penelitian ini
bertujuan untuk menguji secara statistic pengaruh pola asuh orang tua terhadap
perilaku bullying menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola asuh pada siswa SMP N 1 Wedung
mayoritas siswa mengalami pola asuh orang tua yang baik sebanyak 96 orang
(68.1% ) dan kurang baik sebanyak 45 orang (31.9). Kesimpulannya orang tua
siswa tersebut baik dalam memperhatikan anaknya. Perilaku bullying pada
sekolah SMP N 1 Wedung mayoritas siswa tidak mengalami ada perilaku bullying
pada siswa SMP N 1 Wedung sebanyak 141 orang sebanyak (100%).
Kesimpulannya lebih banyak tidak ada perilaku bullying pada sekolah SMP N 1
Wedung Hasil analisis ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi pola asuh
terhadap perilaku bullying sebesar 0,000.
Kata kunci : Pola Asuh Orangtua dan Perilaku Bullying

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:57
Last Modified: 08 Mar 2024 06:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2602

Actions (login required)

View Item
View Item