PEMBELAJARAN SENI TARI PADA MASA PANDEMI COVID-19 TINJAUAN PROSES DAN EVALUASI DI SD NEGERI MAGERSARI REMBANG

SILAFIA, CITRA (2022) PEMBELAJARAN SENI TARI PADA MASA PANDEMI COVID-19 TINJAUAN PROSES DAN EVALUASI DI SD NEGERI MAGERSARI REMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of CITRA SILAFIA 17120299.pdf] Text
CITRA SILAFIA 17120299.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

CITRA SILAFIA. NPM 17120299. “Pembelajaran Seni Tari Pada Masa
Pandemi Covid-19 Tinjauan Proses dan Evaluasi di SD Negeri Magersari
Rembang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2022.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah bahwa kegiatan
pembelajaran merupakan kegiatan interaksi yang yang bertujuan untuk
membimbing peserta didik dalam menggapai ilmu. Namun disaat ini kegiatan
pendidikan telah terganggu dengan adanya masalah pandemi virus Covid-19.
Dengan adanya masalah ini tenaga pendidik mengalami kendala dalam melakukan
kegiatan pendidikan. Dengan adanya pendemi ini membuat kegiatan pembelajaran
kurang efektif yaitu khususnya pembelajaran seni tari. Fokus penelitian dalam
penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran seni tari pada masa
pandemi Covid-19 di SDN Magersari?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
seni tari pada masa pandemi Covid-19 di SDN Magersari?, 3) Bagaimana
penilaian pembelajaran seni tari pada masa pandemi Covid-19 di SDN Magersari?
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi SDN
Magersari. Penelitian dilakukan pada tanggal 23–25 November 2021. Narasumber
atau informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru kelas III. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil analisis Perencanaan pembelajaran seni tari pada masa pandemi
Covid-19 di SDN Magersari termasuk dalam kategori baik. Pembelajaran di SDN
Magersari pada saat pandemi hanya dilaksanakan 2 jam dalam satu pertemuan dan
dalam pertemuan itu guru hanya dapat menyampaikan satu pembelajaran saja.
Berbeda dengan sebelumnya guru dapat menjelaskan lebih dari satu pembelajaran
dalam satu hari pertemuan. Khususnya untuk pembelajaran seni tari sekolah tidak
bisa mengadakan kegiatan praktik dan tidak bisa mendatangkan guru tari dari luar
sekolah. Sebelum terjadinya pandemi sekolah dapat mendatangkan guru tari dari
luar sekolah dan melakukan kegiatan praktik di luar kelas. Dalam penilaianpun
guru hanya memberikan penugasan dan mengumpulkannya secaraa online.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah 1)
Guru sebaiknya lebih memaksimalkan waktu untuk menjelaskan materi
pembelajaran dan guru sebaiknya mengingatkan siswanya supaya selalu
menggunkan maskernya saat mengikuti kegiatan pembelajaran, 2) Siswa
sebaiknya lebih sungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran dan siswa
sebaiknya
selalu
menggunakan
maskernya
saat
kegiatan
pembelajaran
berlangsung, 3) Sekolah seharusnya lebih memperatikan lagi prosedur kesehatan
untuk para siswa dan guru uuntuk selalu senantiasa menggunakan masker saat
berada di sekolah.
Kata kunci : pendidikan dasar, pembelajaran seni tari, pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:53
Last Modified: 08 Mar 2024 06:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2601

Actions (login required)

View Item
View Item