ANALISIS MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG

WIJOYANTO, AGUNG DWI (2022) ANALISIS MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AGUNG DWI WIJOYANTO 18120298.pdf] Text
AGUNG DWI WIJOYANTO 18120298.pdf

Download (7MB)

Abstract

Agung Dwi Wijoyanto. NPM 18120298. “Analisis Manajemen Sarana
dan Prasarana Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Taman Kabupaten
Pemalang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2022. Dosen Pembimbing I Dr.
Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Prof. Dr. A. Y.
Soegeng Ysh., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adanya sarana dan
prasarana pendidikan bagian yang penting dari sebuah lembaga pendidikan.
Dengan adanya manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang baik, maka
semua fasilitas pendidikan selalu dalam kondisi siap pakai pada saat
dibutuhkan, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan
efisien dan tercapailah tujuan pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah manajemen sarana dan
prasarana yang ada di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Taman Kabupaten
Pemalang. Hal ini sudah menjadi permasalahan suatu SD Negeri yang ada di
Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, namun untuk penelitian ini semakin
berat di rasakan untuk memenuhi usaha manajemen yang optimal. Dalam
melakukan manajemen sarana dan prasarana tentunya terdapat suatu evaluasi
yang harus dikaji agar tidak terulang lagi di kemudian hari pada saat
manajemen sarana dan prasarana berlangsung. Kegiatan evaluasi berkenaan
dengan usaha pengumpulan, pengelolaan, analisis, deskripsi, dan penyajian
data / informasi demi arahan untuk mengambil suatu keputusan. Kegiatan
evaluasi dimaksudkan untuk mengetahui berjalannya suatu program kegiatan.
Dari kegiatan tersebut dapat membantu pembuat keputusan dalam menentukan
suatu keputusan supaya dapat ditentukan langkah dalam pengambilan program
selanjutnya. Program manajemen sarana dan prasarana sangat penting dalam
dunia pendidikan.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sedangkan data
dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara kepala sekolah, waka sarana dan prasarana, dan
siswa kelas V, angket siswa, serta dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi sarana prasarana di SD
Negeri 02 Banjardawa, SD Negeri 02 Kaligelang dan SD Negeri 03 Pener
sudah cukup lengkap dan kondisinya cukup baik. Tetapi ada juga kekurangan
sarana prasarana dalam proses pembelajaran sehingga membuat kualitas
pembelajaran pun kurang berkualitas. Manajemen sarana dan prasarana sudah
berjalan sesuai peraturan yang telah ditetapkan. Faktor pendukung manajemen
sarana prasarana adanya lahan yang luas dan jumlah siswa yang banyak
mempengaruhi bantuan Dana Bos dan bantuan dari orangtua siswa. Faktor
penghambat kurangnya dana dan keadaan ekonomi siswa yang berbeda-beda.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan adalah supaya
sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang mendukung untuk perawatan
dan penyimpanan sarana prasarana pendidikan yang telah dimiliki agar terawat
dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:47
Last Modified: 08 Mar 2024 06:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2598

Actions (login required)

View Item
View Item