Setyowati, Eko Muji (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL CIPTAAN TUHAN MELALUI METODE KARYA WISATA PADA KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KADILANGU KANGKUNG KENDAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Eko Muji Setyowati 18156145.pdf
Download (1MB)
Abstract
Eko Muji Setyowati. NPM 18156145. “Upaya Meningkatkan
Kemampuan Mengenal Ciptaan Tuhan Melalui Metode Karya
Wisata Pada Kelompok B DI TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Kadilangu Kangkung Kendal Tahun Pelajaran 2021/2022”.
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan mengenal
ciptaan Tuhan pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal kendal.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal
ciptaan Tuhan melalui metode karya wisata pada Kelompok B TK Aisyiyah
Bustanul Athfal Kendal. Kegiatan karya wisata yang digunakan dibatasi pada
mengenal benda-benda ciptaan Tuhan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian adalah anak didik kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal yang
berjumlah 6 anak. Obyek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan
mengenal ciptaan Tuhan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis
data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan karya wisata yang
dilakukan melalui stimulasi meningkatkan kemampuan mengenal ciptaan Tuhan.
Tindakan tersebut dapat meningkatkan kemampuan mengenal ciptaan Tuhan.
Pada saat dilakukan observasi pra tindakan, pada indikator meningkatkan
kemampuan mengenal ciptaan Tuhan sebesar 0% masih menunjukkan bahwa hasil
pelaksanaan masih kurang dari indikator keberhasilan yang ditentukan berada
pada kriteria kurang sekali, pada Siklus I indikator meningkatkan kemampuan
mengenal ciptaan Tuhan sebesar 50,0% menunjukkan adanya peningkatan namun
belum mencapai indikator yang ditentukan karena masih berada pada kriteria
Mulai berkembang dan pada Siklus II indikator meningkatkan kemampuan
mengenal ciptaan Tuhan sebesar 83,3%. Perolehan persentase pada Siklus II
menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam meningkatkan kemampuan
mengenal ciptaan Tuhan Kelompok B TK Aisiyah Bustanul Athfal dengan kriteria
sangat baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 75% dan pelaksanaan
penelitian dihentikan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa karya wisata dapat
meningkatkan kemampuan mengenal ciptaan Tuhan pada anak kelompok B TK
Aisiyah Bustanul Athfal Kendal. Rekomendasi yang dapat disampaikan bahwa
metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal
ciptaan Tuhan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 06:39 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 06:39 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2588 |