Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Kelas VIII Di SMP Islam Al Khoiriyah Petarukan Pemalang

kamal, lutfi athoillah (2022) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Kelas VIII Di SMP Islam Al Khoiriyah Petarukan Pemalang. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LUTFI ATHOILLAH KAMAL 19116010.pdf] Text
LUTFI ATHOILLAH KAMAL 19116010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih rendahnya sikap
kedisiplinan siswa pada kelas VIII SMP Islam Al–Khoiriyah Petarukan Pemalang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan
kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan sikap kedisiplinan siswa
kelas VIII SMP Islam Al Khoiriyah Petarukan Pemalang. Hipotesis dalam
penelitian ini adalah ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik modeling
terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Islam Al Khoiriyah Petarukan
Pemalang.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Al
Khoiriyah Petarukan Pemalang dengan jumlah 142 siswa. Sampel penelitian
diambil dengan Teknik cluster random sampling sehingga diperoleh jumlah
sampel dalam penelitian ini sebanyak 30siswa. Variabel yang digunakan ada dua
yaitu bimbingan kelompok dengan teknik modelling sebagai variable bebas, yang
dilambangkan dengan (X) dan kedisiplinan siswa sebagai variable terikat yang
dilambangkan dengan (Y). Metode pengumpulan data dalam menggunakan skala
berupa skala disiplin siswa dengan menggunakan empat alternatif pilihan yaitu
sangat setuju (SS), setuju (S), tidak setuju (TS), dan sangat tidak setuju (STS).
Metode penelitian yang digunakan dalam mencari dan menentukan validitas
menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil uji validitas skala
psikologis kedisiplinan siswa dari 32 butir pernyataan terdapat 20 butir yang
valid.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Al–Khoiriyah Petarukan
Pemalang, tahun pelajaran 2020/2021. Instrumen penelitian kedua variabel telah
x
diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan
dari data hasil penilaian skala psikologis tentang kedisiplinan siswa menunjukan
thitung 21,12 >ttabel 2,145. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa
hipotesis yang menyatakan “Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok
Dengan Teknik Modelling Terhadap Kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP
Islam Al – Khoiriyah Petarukan Pemalang”.
Berdasarkan penelitian diatas, disarankan kepada guru pembimbing
hendaknya lebih kreatif dalam menggunakan layanan bimbingan konseling
terutama bimbingan kelompok dengan variasi teknik modelling terhadap
kedisiplinan siswa sehingga siswa mempunyai sikap kedisiplinan yang baik sejak
dini.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling, Kedisiplinan sisw

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:37
Last Modified: 08 Mar 2024 06:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2587

Actions (login required)

View Item
View Item