MARSHELLA, AGATA DWI (2022) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI NGIJO 01 GUNUNGPATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Agata Dwi Marshella 18120118.pdf
Download (7MB)
Abstract
AGATA DWI MARSHELLA. NPM 18120118. “Pengaruh Model Project Based
Learning Berbasis Etnosains Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita terhadap Hasil
Belajar kelas V SD Negeri Ngijo 01 Gunungpati”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang 2022. Pembimbing I Dr. Fine Reffiane, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II
Eka Sari Setianingsih, S.Pd, M.Pd. Agustus. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil belajar siswa
yang masih belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70.
Hal tersebut dalam memberikan pembelajaran pada Tema 9 Benda-Benda di
Sekitar Kita Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya guru belum
menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, siswa hanya mendengarkan
materi yang diajarkan. Sehingga siswa kelas V di SD Negeri Ngijo 01 Gunungpati
menjadi pasif menyebabkan siswa menjadi bosan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-
Experimental Design dengan desain One-Group Pre-test- Posttest Design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Ngijo 01
Gunungpati tahun pelajaran 2021/2022. sampel yang diambil adalah 25 siswa,
dengan menggunakan Teknik non probability sampling dengan teknik sampling
jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh rata-rata pre-test yaitu 60,2
dan rata-rata posttest yaitu 82,4. Dari pengujian hipotesis uji-t d didapat
=
11,7659 dan
dengan db =
= 25 + 25 – 1 = 49, dan taraf
signifikansi 5% didapat nilai
= 2,016. Dikarenakan
>
yaitu
11,7659 > 2,016, maka
ditolak. Artinya ada perbedaan antara rata-rata nilai
hasil belajar pre-test dengan rata-rata nilai hasil belajar posttest pada tema 9
benda-benda di sekitar kita kelas V. Pada hasil perhitungan n-gain sebesar 0,56
artinya siswa mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang. Hasil
belajar pre-test – posttest siswa menunjukkan kenaikan ketuntasan belajar klasikal
yaitu 60% dilihat dari nilai pre-test memperoleh hasil yaitu 40% dan nilai posttest
yaitu 100%. Hasil belajar setelah diberi perlakuan telah memenuhi indikator
keberhasilan dalam penelitian ini yaitu ≥85%.
Dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar pre-test – posttest, maka
model project based learning berbasis etnosains memiliki pengaruh dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Ngijo 01 Gunungpati.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model project based
learning berbasis etnosains tema 9 benda-benda di sekitar kita terhadap hasil
belajar kelas V SD Negeri Ngijo 01 Gunungpati.
Kata Kunci : Model Project Based Learning, Etnosains, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 06:27 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 06:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2582 |