ARROFI, AULIYA NISA (2022) PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERFIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD PASARBATANG 5 BREBES DALAM MASA PANDEMI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
AULIYA NISA ARROFI 17120066.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
AULIYA NISA ARROFI. NPM 17120066. “Pengaruh Media Video
Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Berfikir Tingkat Tinggi
(HOTS) Materi Operasi Hitung Pecahan Pada Sisa Kelas V SDN Pasarbatang
5 Brebes Dalam Masa Pandemi”.Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah
Dasar.FakultasIlmuPendidikanUniversitasPGRISemarang.Rofian,
S.Pd., M. Pd., Dr. Bagus Ardi Saputro S.Pd., M. Pd.Juli. 2022.
Latar belakangyang mendorong penelitian ini adalah pada masa
pandemi pembelajaran Matematika khususnya materi operasi hitung pecahan
menemui banak kendala dan kesulitan. Hal ini terbukti dengan ditemukannya
banyak kesalahan dari siswa saat mengerjakan soal tes dari materi tersebut,
baik soal yang mudah terlebih yang sulit. Kesalahan siswa tersebut adalah
bukti dari menurunnya hasil belajar berpikir tinggi (HOTS) siswa. Untuk itu
diperlukan media pembelajaran untuk meningkatkan HOTS siswa.
Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar berpikir tingkat
tinggi (HOTS) siswa. Metode penelitian yang digunakanadalah metode kuasi
eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas V A
sebagai kelas eksperimen sedankan kelas V B sebagai kelas kontrol. Metode
pengumpulan data yang digunakanyaitu observasi, tes, angket, dan
dokumentasi.Teknikanalisisdataberupauji validitas dan reliabilitas, serta uji
prasyarat analisis.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)
Penerapan
pembelajaran
berbantuan media video terbukti dapat meningkatkan HOTS pada
pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran. (2) Hasil uji
hipotesis menunjukkan bahwa Penerapan pembelajaran berbantuan media
video pada kelas eksperimen lebih baik daripada pembelajaran konvensional di
masa pandemi. Siswa yang menggunakan pembelajaran berbantuan media
video memiliki peningkatan HOTS yang lebih tinggi dibanding siswa yang
menggunakan model pembelajaran daring konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
penerapan media pembelajaran berbantuan video dapat dijadikan salah satu
pilihan bagi guru dalam menerapkan pembelajaran karena dapat meningkatkan
hasil belajar berpikir tinggi (HOTS) siswa.
Kata kunci: higher order thinking skills, penerapan pemelajaran berbantuan
video, pandemi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 06:27 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 06:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2581 |