ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV SDN 1 TEMUIRENG KECAMATAN JATI KABUPATEN BLORA

PUTRI, ASHAFIRA EKA (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV SDN 1 TEMUIRENG KECAMATAN JATI KABUPATEN BLORA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ASHAFIRA EKA PUTRI 18120019.pdf] Text
ASHAFIRA EKA PUTRI 18120019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ASHAFIRA EKA PUTRI. NPM 18120019. “Analisis Kesulitan Belajar Operasi
Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Temuireng Kecamatan Jati
Kabupaten Blora”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I: Veryliana Purnamasari, S.Pd., M.Pd.
Dosen Pembimbing II: Sunan Baedowi, S.H.I., M.S.I.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih ditemukan
kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pembagian pada pelajaran
matematika kelas IV materi operasi hitung.Permasalahan pada penelitian ini
adalah apa saja kesulitan yang dialami siswa kelas IV SDN 1 Temuireng
Kecamatan Jati Kabupaten Blora dalam menyelesaikan operasi hitung pembagian
dan faktor apa saja yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar dalam
operasi hitung pembagian pada siswa kelas IV SDN 1 Temuireng Kecamatan Jati
Kabupaten Blora. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja
kesulitan yang dialami siswa kelas IV SDN 1 Temuireng Kecamatan Jati
Kabupaten Blora dalam menyelesaikan operasi hitung pembagian dan untuk
mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar
dalam operasi hitung pembagian pada siswa kelas IV SDN 1 Temuireng
Kecamatan Jati Kabupaten Blora.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Menggunakan, metode tes,
observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas IV SDN 1 Temuireng Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Hasil
penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Temuireng Kecamatan Jati Kabupaten
Blora yang berjumlah 23 siswa, yang mengalami kesulitan adalah 14 siswa.
Dalam penelitian terdapat beberapa temuan yaitu: (1) kesulitan belajar yang
dialami siswa kelas IV SDN 1 Temuireng Kecamatan Jati Kabupaten Blora
meliputi a) kesulitan menyatakan ulang konsep sebesar 18,3% b) kesulitan
pelaksanaan strategi sebesar 23% c) kesulitan pemahaman masalah sebesar 9,6%
d) kesulitan pemecahan strategi sebesar 9,3% e) kesulitan pelaksanaan strategi
sebesar 12,5% f) kesulitan memeriksa kembali hasil dan proses sebesar 9,8%. (2)
faktor yang menyebabkan kesulitan belajar operasi hitung pembagian pada siswa
kelas IV SDN 1 Temuireng Kecamatan Jati Kabupaten Blora meliputi a) faktor
fisik, b) faktor motivasi dan sikap, c) faktor lingkungan, d) faktor variasi guru
dalam mengajar, dan e) faktor sarana prasarana di sekolah.
Saran yang disampaikan yaitu kepada guru untuk bisa lebih memahami
kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam pemecahan masalah matematika
materi operasi hitung pembagian. Saran kepada siswa yaitu lebih teliti dan
memahami dalam mengerjakan soal agar tidak keliru atau salah dalam
mengerjakan soal, dari kesalahan yang dialami siswa dapat menjadikan pelajaran
agar lebih baik dari sebelumnya.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Operasi Hitung, Pembagian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 04:22
Last Modified: 08 Mar 2024 04:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2569

Actions (login required)

View Item
View Item