WENI, ARUM (2022) ANALISIS BUKU TEKS MATA PELAJARAN “MARI BELAJAR MATEMATIKA (PENDIDIKAN MATEMATIKA UNTUK KELAS V SD/MI)” KARYA DEWI NUHARINI DAN SULIS PRIYANTO TAHUN 2017. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ARUM WENI 17120063.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
Abstract
Arum Weni. NPM 17120063. “Analisis Buku Teks Mata Pelajaran “Mari Belajar
Matematika (Pendidikan Matematika Untuk Kelas V SD/MI)” Karya Dewi
Nuharini Dan Sulis Priyanto Tahun 2017”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah buku teks
diharapkan mampu mempermudah peserta didik dalam mempelajari materi
sehingga mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Kelengkapan materi pada
bahan ajar juga diharapkan dapat mendorong peserta didik menggunakan buku
teks secara mandiri, kapan saja dan dimana saja setelah melaksanakan kegiatan
belajar bersama guru. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana
kelengkapan materi pada buku teks mata pelajaran “Mari Belajar Matematika
(Pendidikan Matematika Untuk Kelas V SD/MI)” Karya Dewi Nuharini Dan Sulis
Priyanto Tahun 2017?.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif.
Lokasi dalam penelitian adalah SDN 1 Gonoharjo. Instrumen dalam penelitian ini
diperoleh melalui instrumen wawancara guru, pedoman observasi, dan pedoman
dokumentasi. Data yang digunakan adalah hasil analisis kelengkapan materi pada
buku teks mata pelajaran “Mari Belajar Matematika (Pendidikan Matematika
Untuk Kelas V SD/MI)” Karya Dewi Nuharini Dan Sulis Priyanto Tahun 2017.
Hasil analisis kelengkapan materi pada buku teks mata pelajaran “Mari
Belajar Matematika (Pendidikan Matematika Untuk Kelas V SD/MI)” Karya
Dewi Nuharini Dan Sulis Priyanto Tahun 2017 menyatakan rincian persentase
pada masing-masing indikator sebagai berikut. (1) Materi memuat konsep,
definisi, prosedur/ algoritma, teorema dan sifat-sifat mendapat persentase 75%
dengan kategori sesuai. (2) Materi memuat contoh dan soal-soal latihan yang
menunjang konsep mendapat persentase 100% dengan kategori sangat sesuai. (3)
Materi memuat penjelasan yang dapat membangun pengetahuan siswa mendapat
persentase 100% dengan kategori sangat sesuai. Persentase kelengkapan materi
pada buku teks mata pelajaran “Mari Belajar Matematika (Pendidikan
Matematika Untuk Kelas V SD/MI)” Karya Dewi Nuharini Dan Sulis Priyanto
Tahun 2017” dari ketiga indikator tersebut memperoleh skor sebesar 91,7 %
dengan kategori sangat sesuai.
Saran yang dapat disampaikan penulis kepada guru adalah pentingnya
menyediakan waktu untuk menyeleksi buku-buku yang akan digunakan sebagai
penunjang pembelajaran di kelas. Apabila ditemukan kekurangan dalam buku
teks, maka dapat segera mencari sumber belajar yang lain. Penulis buku
hendaknya menyusun buku sesuai kebutuhan siswa, memperhatikan kriteria
kelengkapan materi yang baik, dan sesuai dengan standar Kurikulum yang
berlaku.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 04:18 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 04:18 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2565 |