PENANAMAN NILAI KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER SENI MUSIK ANGKLUNG DI SD NEGERI 4 GUBUG KABUPATEN GROBOGAN

WIJAYANTI, ALFINA HARUBI (2022) PENANAMAN NILAI KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER SENI MUSIK ANGKLUNG DI SD NEGERI 4 GUBUG KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Alfina Harubi Wijayanti 18120255.pdf] Text
Alfina Harubi Wijayanti 18120255.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ALFINA HARUBI WIJAYANTI. NPM 18120255. “ Penanaman Nilai Karakter
Melalui Ekstrakurikuler Seni Musik Angklung di SD Negeri 4 Gubug Kabupaten
Grobogan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I: Sunan
Baedowi, S.H.I., M.S.I. Dosen Pembimbing II: Mira Azizah, S.Pd., M.Pd.
Pandemi COVID-19 menimbulkan berbagai dampak dalam dunia
pendidikan, khususnya degradasi karakter yang terjadi pada siswa sekolah dasar.
Fenomena ini disertai efek character lost yang disebabkan oleh transisi
pembelajaran yang diterapkan pemerintah selama masa pandemi. Berdasarkan
latar belakang tersebut, maka perlu dilakukan upaya penanaman kembali nilai
karakter dalam diri siswa. SD Negeri 4 Gubug memiliki konsep inovatif untuk
mengatasi permasalahan yang ada dengan mencanangkan kegiatan ekstrakurikuler
seni musik angklung.
Fokus penelitian ini yaitu bagaimanakah implementasi penanaman nilai
karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler seni musik angklung di SD Negeri 4
Gubug Kabupaten Grobogan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis
implementasi penanaman nilai karakter pada kegiatan ekstrakurikuler seni musik
angklung di SD Negeri 4 Gubug Kabupaten Grobogan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diambil
dengan teknik triangulasi menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Setting penelitian dilakukan di SD Negeri 4 Gubug Kabupaten
Grobogan. Subjek penelitian adalah siswa ekstrakurikuler, pembimbing
ekstrakurikuler, serta kepala sekolah SD Negeri 4 Gubug.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler seni musik
angklung terdiri dari 3 tahap yaitu tahap pra kegiatan, tahap inti kegiatan, dan
tahap pasca kegiatan. Dimana dalam kegiatan tersebut terwujud beberapa nilai
karakter, diantaranya nilai religius, disiplin, tanggungjawab, peduli sosial, peduli
lingkungan, bersahabat/komunikatif, mandiri, dan cinta tanah air. Hambatan yang
terjadi yakni belum adanya ruangan khusus, serta terbatasnya jumlah angklung.
Sedangkan dukungan yang ada adalah dukungan materil serta dukungan moril
dari pihak sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan adalah siswa hendaknya
berlatih sungguh-sungguh dengan mencatat notasi yang diajarkan serta mengajak
teman sekelasnya, pembimbing hendaknya mengikuti pelatihan teknik permainan
angklung dan studi banding agar kegiatan ekstrakurikuler seni musik angklung
lebih berkembang, serta pihak sekolah mewajibkan siswa pada jenjang tertentu
untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni musik angklung dengan membuat
aturan khusus dan mencantumkan poin keaktifan kegiatan ekstrakurikuler ke
dalam salah satu poin keaktifan yang tertulis di raport.
Kata Kunci: Karakter, Ekstrakurikuler, Angklung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 04:12
Last Modified: 08 Mar 2024 04:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2561

Actions (login required)

View Item
View Item