PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI MAPEL EKONOMI SMA AL-HASANIYYAH KARANGAWEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

INTANI, AFIFATUN (2022) PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI MAPEL EKONOMI SMA AL-HASANIYYAH KARANGAWEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AFIFATUN INTANI 15220017.pdf] Text
AFIFATUN INTANI 15220017.pdf

Download (1MB)

Abstract

AFIFATUN INTANI “Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Belajar Terhadap
Prestasi Siswa SMA Al Hasaniyyah Karangawen Demak 2021/2022” Skripsi.
Program
Studi
Pendidikan
IPS
Dan
Keolahragaan
Ilmu
Pendidikan
UNIVERSITAS PGRI Semarang. UPGRIS Semarang 2022. Peneliti ini di
latarbelakangi masih rendahnya nilai Mapel Ekonomi di SMA Al Hasaniyyah
Karangawen Demak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan lingkungan
belajar terhadap mapel ekonomi. Data yang digunakan primer dan sekunder.
Subyek penelitian ini semua siswa SMA Al Hasaniyyah yang berjumlah 53 siswa.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dengan analisis regresi
linier berganda, uji t, uji F, dan R2. Berdasarkan hasil analisis bahwa: (1)
Motivasi mempengaruhi prestasi mapel ekonomi. Berdasarkan dari hasil uji t
nilai thitung>ttabel sebesar 2,619>1,674 dan nilai sig. 0,012<0,05. (2) Lingkungan
belajar mempengaruhi prestasi mapel ekonomi. Berdasarkan dari hasil regresi
linier ganda uji F nilai Fhitung>Ftabel sebesar 2,432>1,674 dan nilai sig. 0,019<0,05.
(3) Motivasi dan lingkungan belajar mempenagruhi prestasi mapel ekonomi.
Berdasarkan dari hasil uji F diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel yaitu 10,322 >
3,172 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan R2 diperoleh 0,292 berarti 29,2%. Saran
yang diajukan dalam penelitian ini:
1. Ada indikasi siswa malas untuk mengerjakan tugas, maka dari itu siswa
hendaknya lebih membiasakan diri untuk mengerjakan tugas-tugas yang
diberikan oleh gurudan tidak mudah putus asa dalam meyelesaikan tugas
yang dianggap sulitdengan mencari referensi buku-buku yang ada, dan
bertanya kepada guru.
2. Dorongan dari luar terutama orang tua sangat diperlukan dalam hal
pemberian reward baik itu berupa hadiah atau pujian sehingga dapat memberi
motivasi kepada anak agar legih rajin dan giat dalam mengikuti pelajaran di
sekolah sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: Motivasi, Lingkungan Belajar, Mapel Ekonomi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 04:03
Last Modified: 08 Mar 2024 04:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2556

Actions (login required)

View Item
View Item