ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI WAKTU, JARAK DAN KECEPATAN KELAS V SDN SIDAPURNA 01 TEGAL

GHINAYAH, LULU SOIMATUL (2022) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI WAKTU, JARAK DAN KECEPATAN KELAS V SDN SIDAPURNA 01 TEGAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LULU SOIMATUL GHINAYAH 18120058.pdf] Text
LULU SOIMATUL GHINAYAH 18120058.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
LULU SOIMATUL GHINAYAH. NPM 18120058. “Analisis Kesulitan Peserta
Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Waktu, jarak dan
Kecepatan Kelas V SDN Sidapurna 01 Tegal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyak peserta didik
kelas V SDN Sidapurna 01 Tegal yang belum bisa mengerjakan soal pemecahan
masalah matematika materi waktu, jarak dan kecepatan. Sehingga, hasil tes
kemampuan peserta didik dalam mengerjakan soal pemecahan masalah
matematika juga rendah. Hal ini disebabkan, banyak peserta didik yang belum
memahami materi, dan belum bisa memahami inti kalimat dari soal
cerita.sehingga, peserta didik mengalami kesulitan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) jenis kesulitan apa yang
dialami peserta didik kelas V SDN Sidapurna 01 Tegal dalam menyelesaikan
masalah soal cerita matematika materi waktu, jarak dan kecepatan, 2) faktor yang
menyebabkan peserta didik kelas kelas V SDN Sidapurna 01 Tegal mengalami
kesulitan dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika materi waktu,
jarak dan kecepatan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk menganalisis kesulitan dan faktor yang menyebabkan peserta didik Kelas V
SDN Sidapurna 01 Tegal dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah
matematika materi waktu, jarak dan kecepatan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek dari
penelitian ini adalah peserta didik Kelas V SDN Sidapurna 01 Tegal yang
berjumlah 22. Sebanyak 22 subjek ini akan ipilih 3 subjek untuk dianalisis hasil
tes dan wawancara nya. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara
guru dan peserta didik, tes kemampuan peserta didik, angket peserta didik dan
angket orangtua peserta didik.
Hasil analisis yang diperoleh bahwa siswa mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika materi waktu, jarak dan
kecepatan disebabkan oleh faktor internal yang berasal dari dalam diri peserta
didik dan faktor eksternal yang berasal dari luar diri peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan untuk
peserta didik adalah 1) peserta didik harus belajar dan memahami materi dasar, 2)
peserta didik sering berlatih soal, agar bisa memahami maksud dari soal, 3)
peserta didik harus fokus dan teliti ketika belajar dan mengerjakan soal.
Sedangkan, saran untuk orangtua berdasarkan dari penelitian ini diantaranya 1)
orangtua harus mendampingi anak, ketika anak sedang belajar dan mengerjakan
tugas, 2) orangtua harus membimbing anak untuk memahami materi dasar
matematika, 3) orangtua harus sering melatih anak untuk mengerjakan soal agar
anak paham cara mengerjakannya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:56
Last Modified: 08 Mar 2024 03:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2549

Actions (login required)

View Item
View Item