Amal, Afiat Syahrul (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI UNTUK MATA PELAJARAN PEMODELAN PERANGKAT LUNAK KELAS XI BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Afiat Syahrul Amal 16340043.pdf
Download (12MB)
Abstract
Game merupakan kegiatan yang disukai oleh kalangan remaja. Sehingga
tidak jarang para remaja menggunakan kemajuan teknologi hanya untuk bermain
tidak untuk belajar. Dengan adanya game edukasi ini di harapkan dapat membantu
siswa dalam memahami materi dengah mudah serta meningkatkan minat belajar
siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah memberikan solusi dan
membantu pembelajaran yang mudah dipahami dengan media game dan agar
dapat menumbuhkan motivasi anak dalam belajar. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode Research and Development. Data yang ada
kemudian di analisis dengan menggunakan model ADDIE, yang mana tahapanya
meliputi: tahapan analysis, design, development, implementation dan evaluation.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian validasi materi dengan dengan
menggunakan skala likert didapatkan hasil rata-rata 89,37% sehingga termasuk
dalam kriteria “Sangat Baik” sedangkan untuk validasi ahli dengan didapatkan
hasil rata-rata 92% sehingga termasuk daam kriteria “Sangat Baik” digunakan.
Kemudian hasil penilaian responde dengan menggunakan skala guttman sebanyak
22 responden memperoleh hasil rata-rata 91,81% yang termasuk dalam kritria
Sangat Baik” digunakan.
Kata Kunci: game edukasi, media pembelajaran,pemodelan perangkat lunak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 03:47 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 03:47 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2542 |