ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 JUWANA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

Adam, Antika Hananda Elya (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 JUWANA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ANTIKA HANANDA ELYA ADAM 18310051.pdf] Text
ANTIKA HANANDA ELYA ADAM 18310051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Literasi matematika memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan untuk
penilaian AKM. SMP Negeri 1 Juwana sedang dalam upaya menyiapkan AKM
sehingga informasi terkait literasi matematika dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII F SMP
Negeri 1 Juwana dengan adversity quotient climbers, campers, quitters dalam
menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan yakni
tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahap yaitu reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dengan membandingkan data dari 2 sumber . Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa climbers melalui proses merumuskan, menerapkan, dan
menafsirkan literasi matematika dengan 6 indikator secara lengkap. Siswa campers
melalui proses merumuskan, menerapkan dan menafsirkan literasi matematika,
akan tetapi saat menerapkan konsep dengan penjabaran langkah-langkah
penyelesaian dalam menemukan solusi matematika kurang maksimal, penafsiran
yang siswa tuliskan tidak dikaitkan dengan persoalan dunia nyata, penjelasan alasan
yang diberikan kurang masuk akal berdasarkan konteks persoalan. Siswa quitters
melalui proses merumuskan karena siswa tidak menuliskan apapun pada lembar
jawab pada saat merancang strategi, penerapan konsep siswa tidak tepat dan hanya
menggunakan 1-2 langkah penyelesaian, siswa tidak menafsirkan hasil
penyelesaian yang diperoleh ke dalam konteks persoalan dunia nyata, penjelasan
alasan yang diberikan siswa tidak masuk akal berdasarkan konteks. Faktor yang
mempengaruhi kemampuan literasi matematika berdasarkan AQ secara umum
dipengaruhi oleh minimnya pengatahuan terkait literasi matematika, tidak
terbiasanya mengerjakan soal bertipe literasi matematika.
Kata Kunci: adversity quotient ; bangun ruang sisi datar ; literasi
matematika ; SMP Negeri 1 Juwana

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:40
Last Modified: 08 Mar 2024 03:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2537

Actions (login required)

View Item
View Item