PENINGKATAN KONSENTRASI ANAK UMUR 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN LOOSE PART KB PETRA SEMARANG

WIRARISANTI, EFI RATNA (2022) PENINGKATAN KONSENTRASI ANAK UMUR 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN LOOSE PART KB PETRA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of EFI RATNA WIRARISANTI 19156072.pdf] Text
EFI RATNA WIRARISANTI 19156072.pdf

Download (1MB)

Abstract

Efi Ratna Wirarisanti, NPM 19156072, judul skripsi “ Peningkatan Konsentrasi
Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Permainan Loose Part KB Petra Semarang. Tahun
Pelajaran 2021/2022”
Penelitian ini bertujuaan untuk meningkatkan konsentrasi anak usia 3-4
tahun dengan menggunakan permainan loose Part pada anak-anak kelompok
bermain Petra Semarang. Penelitian ini dilakukan karena proses pembelajaran
dikelas anak-anak belum dapat konsentrasi di kelompok bermain Petra Semarang.
Jenis metode penelitian yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu
penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian yang dikembangkan
oleh Kurk Lewin yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Adapun objek lokasi Penelitian KB Petra Semarang
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) anak dapat
memberikan perhatian penuh pada saat proses berlangsung 2) anak mampu fokus
saat menerima penjelasan secara terus menerus melalui latihan pemusatan saat
bermain loose part 3)anak memperhatikan saat diajak berbicara 4) Anak dapat
mengikuti aturan-aturan yang diberikan guru saat kegiatan bermain 5) Anak tidak
malas mengerjarkan tugas karena senang habis bermain loose part 6) Anak tidak
mudah terganggu karena suara-suara yang ada di kelas 7) Anak tidak pelupa
karena mampu kemampuan konsentrasi meningkat melalui bermain loose part di
Kb Petra Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan konsentrasi
anak yang terjadi pada setiap siklus. yaitu siklus 1 dan siklus 2. Dimana ada
pertemuaan I siklus 1 jumlahnya siswa yang tuntas hanya 1 anak atau 10 % anak
yang tuntas, kemudian mengalami peningkatan konsentrasi pada pertemuan ke
dua sebanyak 3 anak 30 .% anak. Pada Siklus ke 2 pertemuan ke 3 mengalami
peningkatan konsentrasi melalui permainan loose part pada anak usia 3-4 Tahun
di KB Petra Semarang sebanyak 6 siswa atau 60% dan pada pertemuan ke 2
sebanyak 7 anak atau 70% dan pertemuan ke 3 semua siswa mengalami
peningkatan dalam berkonsentrasi saat bermain loose part atau 90 %

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:38
Last Modified: 08 Mar 2024 03:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2536

Actions (login required)

View Item
View Item