Novianingsih, Lita (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN WARNA BERBASIS ANDROID UNTUK ANAK USIA 3-4 TAHUN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Lita Novianingsih 18340023.pdf
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya kemampuan siswa dalam mengenal
warna yang ada disekitar. Dengan adanya permasalahan tersebut, peneliti
menciptakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk menghasilkan game edukasi
pengenalan warna berbasis android yang dikembangkan menggunakan software
construct2 sebagai media pembelajaran dengan menggunakan model
pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Penelitian ini
dilakukan melalui 6 tahapan yaitu Concept (Konsep), Design (Perancangan),
Material Collecting (Pengumpulan material), Assembly (Pembuatan), Testing
(Pengujian), Distribution (Pendistribusian). Untuk menguji kelayakan aplikasi
media pembelajaran pengenalan warna dilakukan oleh validator ahli media,
validator ahli materi, dan respon pengguna yang dilakukan oleh siswa atau wali
murid KB Pelita Annur. Hasil dari validasi ahli media sebesar 91,65% yang
termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, dan validasi ahli materi sebesar 92,7%
yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Kemudian hasil dari uji pengguna
sebesar 89,75% yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, sehingga aplikasi
media pembelajaran game edukasi pengenalan warna yang dihasilkan dapat
dikategorikan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran siswa.
Kata Kunci : Game Edukasi, Pengenalan Warna, Construct2, Android
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 03:36 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 03:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2532 |