ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN KALIMAT TUNGGAL PADA SISWA KELAS 1 SDN GETAS 1 KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

WULANDARI, LISA MEI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN KALIMAT TUNGGAL PADA SISWA KELAS 1 SDN GETAS 1 KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
LISA MEI WULANDARI. Npm 16120014. “Kemampuan Membaca
Permulaan Dengan Kalimat Tunggal Pada Siswa Kelas I SDN Getas 1 Kecamatan
Wonosalam Kabupaten Demak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I Sukamto, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II, Mudzanatun, S.Pd.,
M.Pd. Desember 2021.
Pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama di sekolah dasar tidak akan
terlepas dari empat keterampilan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca
dan menulis. Kemampuan berbahasa bagi manusia sangat diperlukan, terutama
kemampuan membaca permulaan. Membaca permulaan merupakan membaca
awal yang diberikan kepada siswa di kelas I dan II sebagai dasar untuk pelajaran
selanjutnya, sehingga kemampuan membaca permulaan sangat perlu mendapat
perhatian lebih.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kemampuan membaca
permulaan dengan kalimat tunggal pada siswa kelas I SDN Getas 1 Kecamatan
Wonosalam Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil temuan penelitian ini
menunjukkan bahwa analisis kemampuan membaca permulaan dengan kalimat
tunggal pada siswa kelas I SDN Getas 1 Kecamatan Wonosalam Kabupaten
Demak terdapat 8 siswa tidak lancar saat membaca dan 12 siswa lainnya lancar
saat membaca bacaan, serta dalam melaksanakan penelitian dimasa pandemi
mengalami kendala. Kendala utama yaitu kurangnya fasilitas belajar dan
dukungan orang tua. Khususnya fasilitas belajar berupada tidak adanya dukungan
orang tua cenderung hanya mengandalkan pemberlajaran dari sekolah.
Saran dari peneliti untuk Guru lebih memperhatikan siswa yang tidak
lancar dan kemampuan membacanya yang masih rendah. Orang tua dan Sekolah
berusaha melengkapi fasilitas belajar untuk siswa dan orang tua meluangkan
sedikit waktunya untuk mendampingi anak saat belajar agar orang tua mengetahui
prestasi anak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:15
Last Modified: 08 Mar 2024 03:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2520

Actions (login required)

View Item
View Item