HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PENADARAN

FITRIA, ANIS (2022) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PENADARAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ANIS FITRIA 18120211.pdf] Text
ANIS FITRIA 18120211.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ANIS FITRIA. NPM 18120211. “Hubungan Kemampuan Memahami
Bacaan dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Dosen pembimbing I, Dr. Kartinah, S.Si.,M.Pd.
Dosen Pembimbing II, Mei Fita Asri Untari, S.Pd.,M.Pd
Latar belakang dalam penelitian diketahui berdasarkan observasi,
wawancara, yaitu kurangnya motivasi membaca siswa kelas V, rendahnya
kemampuan memahami bacaan siswa kelas V, kurangnya konsentrasi siswa dalam
memahami bacaan, anggapan siswa bahwa mata pelajaran matematika itu sulit
dan menakutkan, kurangnya kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika,
dan ketidak telitian siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan
memahami bacaan pada siswa kelas V SD Negeri 2 Penadaran, bagaimana
kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas V SD Negeri
2 Penadaran, dan bagaimana hubungan kemampuan memahami bacaan dengan
kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V SD Negeri 2
Penadaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan
memahami bacaan pada siswa kelas V SD Negeri 2 Penadaran, untuk mengetahui
kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas V SD Negeri
2 Penadaran, dan untuk mengetahui hubungan kemampuan memahami bacaan
dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V SD
Negeri 2 Penadaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2
Penadaran. Sampel yang diambil adalah sebanyak 24 siswa dengan mengunakan
teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil perhitungan data setelah dilakukan hipotesis dengan data
yang didapatkan menunjukkan kemampuan memahami bacaan pada siswa kelas V
SD Negeri 2 Penadaran pada kategori sangat baik sebanyak 33%, kategori baik
sebanyak 25%, kategori cukup sebanyak 29% dan kategori kurang sebanyak 13%.
Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas V SD Negeri
2 Penadaran pada kategori sangat baik sebanyak 41%, kategori baik sebanyak
33%, kategori cukup sebanyak 21%, dan kategori kurang sebanyak 5%. Dan ada
hubungan yang positif dan signifikan kemampuan memahami bacaan dengan
kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V SD Negeri 2
Penadaran.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyampaikan
saran agar guru hendaknya memotivasi siswa berlatih membaca khususnya
memahami bacaan, pihak sekolah hendaknya mengadakan kegiatan akademik
maupun nonakademik secara rutin untuk meningkatkan kemampuan memahami
bacaan dan menyelesaikan soal cerita matematika, dan siswa diharapkan dapat
berlatih dengan cara mengerjakan soal-soal yang membutuhkan memahami
bacaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:14
Last Modified: 08 Mar 2024 03:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2519

Actions (login required)

View Item
View Item