SARI, LINDA PUSPITA (2022) A SKRIPSI OLEH LINDA PUSPITA SARI NPM 18120036 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG 2022 ii DESAIN DIDAKTIS PEMBELAJARAN MATERI KELILING BANGUN DATAR BERBANTU MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS 3 SDN 3 TINAPAN BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
LINDA PUSPITA SARI 18120036.pdf
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
LINDA PUSPITA SARI. NPM 18120036. ―Desain Didaktis
Pembelajaran Materi Keliling Bangun Datar Berbantu Media Video Pembelajaran
Berbasis Geogebra Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 3 Sdn 3
Tinapan Blora‖. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.
Dosen Pembimbing I Dr. Bagus Ardi Saputro, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing II
Ervina Eka Subekti, S.Si., M.Pd. 2022.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran keliling bangun
datar persegi dan persegi panjang yang belum sepenuhnya memusatkan
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Permasalahan dalam penelitian ini
adalah 1) Bagaimana hasil uji coba desain didaktis materi keliling bangun datar
berbantu media video pembelajaran berbasis Geogebra terhadap keterampilan
berpikir kreatif siswa kelas III SDN 3 Tinapan Blora? Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui hasil uji coba desain didaktis materi keliling bangun datar
berbantu media video pembelajaran berbasis GeoGebra terhadap keterampilan
berpikir kreatif siswa kelas III SDN 3 Tinapan Blora.
Penelitian ini menggunakan metode (DDR) Didactical Desigh Research.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, tes, angket
dan obervasi. Data dianalisis secara kualitatif untuk menemukan gambaran
kesulitan belajar siswa dan juga sejauh mana desain didaktis materi keliling
bangun datar mampu memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III
SDN 3 Tinapan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora tahun pelajaran 2022/2023.
Fokus analisis berdasarkan adanya kesulitan belajar yang di temukan pada kelas
III, dan dari kesulitan berlajar tersebut dijadikan pedoman untuk mendesain bahan
ajar baru. Desain didaktis yang telah dirancang berupa bahan ajar video
pembelajaran berbasis GeoGebra tersebut diujicobakan pada siswa kelas III SDN
3 Tinapan Kecamatan Todanan Kabupaten Blor
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 02:41 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 02:41 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2496 |