SAFITRINININGRUM, LINDA AYU (2022) PENGEMBANGAN GAME PEMBELAJARAN AKSARA JAWA MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
LINDA AYU SAFITRININGRUM. NPM 18120181. “Pengembangan Game
Pembelajaran Aksara Jawa Menggunakan Smart Apps Creator Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. SKRIPSI. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Dr. Siti Patonah, M. Pd dan Pembimbing II Ferina Agustini, S. Pd., M. Pd. 2022.
Aksara Jawa adalah aksara yang digunakan oleh masyarakat Jawa untuk
memajukan tradisi menulis. Aksara Jawa merupakan keturunan dari aksara
Devanagari yang menjadi Aksara Jawa hingga saat ini. Berdasarkan observasi di
SDN 01 Bandungharjo Kabupaten Grobogan guru kelas V menyatakan kurangnya
penunjang media pembelajaran di sekolah membuat guru hanya menggunakan
metode ceramah dan latihan soal. Sehingga siswa cepat merasa bosan dan kurang
tertarik dengan materi Aksara Jawa, yang mengakibatkan hasil belajar siswa
rendah. Dari penjelasan yang telah dijelaskan maka dierekomendasikan
pembuatan sebuah game untuk penunjang pembelajaran materi Aksara Jawa,
game dibuat menggunakan aplikasi SAC atau Smart Apps Creator.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah
pembelajaran Aksara Jawa anak kelas V di SDN 01 Bandungharjo?. 2) Apakah
pengembangan game pembelajaran Aksara Jawa kelas V menggunakan Smart
Apps Creator memenuhi kriteria valid?. 3) Apakah pengembangan game
pembelajaran Aksara Jawa kelas V menggunakan Smart Apps Creator
memenuhi kriteria efektif berdaya guna?. 4) Bagaimana hasil belajar materi
Aksara Jawa anak kelas V di SDN 01 Bandungharjo setelah menggunakan game
pembelajaran Aksara Jawa?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil
belajar Aksara Jawa siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah
Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini
dilakukan di SD Negeri 01 Bandungharjo. Pada penelitian pengembangan ini uji
lapangan dilaksanakan di kelas V SDN 01 Bandungharjo.
Hasil validasi game dari ahli materi menggunakan indeks Gregory
memperoleh skor “1” berada pada kategori tinggi, sedangkan hasil validasi dari
ahli media memperoleh skor “1” berada pada kategori tinggi. Produk akhir yang
dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini yaitu game pembelajaran Aksara
Jawa berbentuk aplikasi yang bernama “MANDRAWA". Berdasarkan hasil
angket respon guru mendapatkan presentase 95% dan angket respon siswa
mendapatkan presentase 100%, game pembelajaran Aksara Jawa menggunakan
Smart Apps Creator sudah memenuhi kriteria efektif berdaya guna. Perolehan hasi
nilail pretest dan posttest Aksara Jawa meningkat setelah menggunakan game
pembelajaran Aksara Jawa menggunakan Smart Apps Creator dengan presentase
peningkatan sebesar 48%. Dapat disimpulkan bahwa game Pembelajaran Aksara
Jawa menggunakan Smart Apps Creator dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas V SDN 01 Bandungharjo.
Kata Kunci: Aksara Jawa, Media Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa
Meningkat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 02:35 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 02:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2492 |