IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS 4 SDN KLAMPOK LOR

BASKORO, AGUNG DWI (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS 4 SDN KLAMPOK LOR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AGUNG DWI BASKORO  18120069 .pdf] Text
AGUNG DWI BASKORO 18120069 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

AGUNG DWI BASKORO. NPM 18120069 “Implementasi Model
Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Pecahan Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV SDN Klampok Lor”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I, Ibu Mira Azizah, S.Pd., M.Pd. dan
Pembimbing II, Bapak Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd. Juli 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemampuan
siswa yang belum menyelesaikan soal matematika dengan langkah-langkah yang
benar dan masih ada siswa yang belum mengusai serta masih mengalami kesulitan
dalam pemecahan masalah pada materi pecahan hal ini dapat dilihat dari hasil
wawancara belajar siswa yang masih ada di bawah KKM.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.
Apakah implementasi model Problem Based Learning dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah siswa materi pecahan untuk siswa kelas IV SDN
Klampok Lor? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk
mengetahui peningkatan atau tidaknya kemampuan pemecahan masalah siswa
setelah mengimplementasikan model Problem Based Learning pada materi
pecahan untuk siswa di kelas IV SDN Klampok Lor.
Jenis penelitian ini adalah penelitian metode kuantitatif. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas IV SDN Klampok Lor Tahun Pelajaran 2021/2022.
Sampel yang diambil adalah 30 siswa kelas IV dengan menggunakan
Nonprobability Sampling berbentuk Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan Dokumentasi. Instrumen
yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah.
Hasil penelitian ini adalah (1) model Problem Based Learning dapat
diimplementasikan di sekolah dasar pada materi oprasi hitung pecahan dengan
penaksiran di kelas IV SDN Klampok Lor.
Perhitungan uji t diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel maka ditolak dan
diterima. Hal ini berarti kemampuan pemecahan masalah setelah diberikan
perlakuan menggunakan model Problem Based Learning tidak sama pada siswa
kelas IV Sekolah Dasar. Kemudian hasil perhitungan N-Gain didapat sebesar
0,640 hal ini masuk ke dalam klasifikasi sedang. Sehingga dapat disimpulkan
adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah menggunakan model
Problem Based Learning pada materi pecahan.
Saran yang dapat disampaikan adalah supaya model Problem Based Learning
dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran alternatif guru dalam
mengajar sehingga meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:29
Last Modified: 08 Mar 2024 02:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2487

Actions (login required)

View Item
View Item