STUDI ANALISIS GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD MUHAMMADIYAH 16 SEMARANG

NAJIBAH, LINA SALWA (2022) STUDI ANALISIS GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD MUHAMMADIYAH 16 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LINA SALWA NAJIBAH 18120188.pdf] Text
LINA SALWA NAJIBAH 18120188.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
LINA SALWA NAJIBAH.NPM 18120188, “Studi Analisis Guru dalam Perencanaan
Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah 16 Semarang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang.2022
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah perencanaan guru dalam
menggunakan kurikulum merdeka belajar hal ini dikarenakan pembaharuan kurikulum
yang disebabkan karena kemunduran pengetahuan dan keterampilan (learning loss) usai
pembelajaran jarak jauh saat pandemi covid 19. Permasalahan yang terdapat pada
penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan guru dalam pembelajaran menggunakan
kurikulum merdeka belajar?., 2) Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam
pelaksanaan kurikulum merdeka belajar?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian
ini adalah untuk mengetahui perencanaan guru dalam pembelajaran menggunakan
kurikulum merdeka belajar dan untuk mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan
penghambat dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk analisis. Subjek
dalam penelitian ini adalah guru kelas I dan guru kelas IV SD Muhammadiyah 16
Semarang. Data dalam penelitian diperoleh melalui wawancara, angket, observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam merencanakan kegiatan
pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka belajar membutuhkan persiapan ekstra.
Guru harus menyiapkan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peserta
didik sedangkan setiap peserta didik memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda�beda. Faktor yang menjadi pendukung keberhasilan kurikulum merdeka belajar adalah
guru, peserta didik, kepala sekolah, orang tua peserta didik dan sarana prasarana sekolah.
Yang mejadi faktor penghambat adalah orang tua belum memahamibakat dan minat anak
dan banyak yang perlu guru siapkan dalam merencanakan pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah guru
merencanaan pembelajaran sesuai dengan ketentuan kurikulum merdeka belajar. Orang
tua/ wali peserta didik dapat mendukung dan memahami bakat dan minat yang dimiliki
peserta didik. Peserta didik dapat termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Bagi
pembaca diharapkan dengan membaca skripsi ini mampu memahami bagaimana
persiapan guru dalam merencanakan pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka
belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:23
Last Modified: 08 Mar 2024 02:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2485

Actions (login required)

View Item
View Item