HUBUNGAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE OUTBOUND KELOMPOK B DI TK SETYO BUDI 1 KETANJUNG DEMAK

PRASTYANI, ADINDA (2022) HUBUNGAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE OUTBOUND KELOMPOK B DI TK SETYO BUDI 1 KETANJUNG DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ADINDA PRASTYANI 15150038.pdf] Text
ADINDA PRASTYANI 15150038.pdf

Download (2MB)

Abstract

ADINDA PRASTYANI.NPM 15150038.” Hubungan Kemandirian Anak
Dengan Metode Outbound Kelompok B Di TK Setyo Budi 1 Ketanjung Demak”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Latar belakang dan permasalahan yang muncul dan yang mendorong
penelitian ini adalah banyak kegiatan di kelas yang belum mengasah kemandirian
anak. Penelitian ini menggunakan kegiatan diluar ruangan dengan menggunakan
metode outbound.
Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui seberapa erat antara
hubungan kemandian anak dengan metode outbound kelompok B di TK Setyo
Budi 1 Ketanjung Demak
Berdasarkan jenis outbound yang terbagi menjadi dua yakni (1) outbound low
impact diantara kegiatannya yakni : kereta balon, moving water, kaki gajah,
halang rintang, ekor balon, loncat jauh, jalan kepiting, hiking, susur gua, ayunan
balistik, loncat ban, estafet bendera, estafet tongkat , games ball, rakit, moving
gundu, bakiak race, moving gundu, senam ketangkasan, dan papan keseimbangan
(2) outbound high impact contoh kegiatan : flying fox, burma bridge, two-line
bridge, landing net, dan army webb. Karena banyaknya kegiatan yang dapat
dilakukan maka penelitian ini akan dibatasi dengan melaksanakan kegiatan
outbound dengan outbound yang bersifat low impact yang terdiri dari moving
water dan susur sawah sekolah.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk korelasi. Populasi pada
penelitian ini adalah anak didik di TK Setyo Budi 1 Ketanjung Demak. Sampel
dari penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Setyo Budi 1 Ketanjung
Demak. Jumlah responden terdiri dari 24 anak didik. Data dalam penelitian ini
didapat melalui angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi
sebagai berikut nilai signifikansi sebesar 0.200. Dengan taraf signifikansi sebesar
5% maka 0.200 > 0.05 sehingga dapat disimpulkan data residual dalam penelitian
ini berdistribusi normal. Berdasarkan uji parsial, diperoleh nilai koefisien sebesar
8.022 artinya variabel outbound berpengaruh positif terhadap variabel
kemandirian. Dengan diperoleh nilai t-stat sebesar 4.751 sehingga dapat
disimpulkan secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara variabel outbound
dengan variabel kemandirian.
Kata Kunci : Kemandirian Anak dan Metode Outbound

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:14
Last Modified: 08 Mar 2024 02:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2481

Actions (login required)

View Item
View Item