PERSPEKTIF GURU TENTANG PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS V SDN TASIK AGUNG REMBANG JAWA TENGAH

IDAH, LINA AF (2022) PERSPEKTIF GURU TENTANG PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS V SDN TASIK AGUNG REMBANG JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
LINA AF IDAH. NPM. 17120218, “Perspektif Guru Tentang Perkembangan
Sosial dan Emosional Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas V SDN
Tasik Agung Rembang Jawa Tengah”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Ervina
Eka Subekti, S.Si., M.Pd dan Husni Wakhyudin, S.Pd., M.Pd, Desember, 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pada masa pandemi
Covid-19 siswa sekolah dasar membutuhkan dorongan ekstra dalam
perkembangan sosial dan emosional siswa agar lebih baik. Hal ini pembelajaran
online berdampak terhadap perkembangan siswa sekolah dasar dalam interaksi
sosial dan emosional
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “bagaimana perspektif guru
tentang perkembangan sosial dan emosional di masa pandemi Covid-19 pada
siswa kelas V SDN Tasik Agung Rembang Jawa Tengah?”. Tujuan yang ingin
dicapai untuk mengetahui perspektif guru tentang perkembangan sosial dan
emosional di masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas V SDN Tasik Agung
Rembang Jawa Tengah.
Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan penyebaran kuesioner
siswa kelas V dan wawancara guru wali kelas dan guru Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan uji credibility yaitu pengamatan mendalam,
tringgulasi dan diskusi dengan ahli. Metode analisis data yaitu collection,
reduction, display, dan conclusion drawing.
Hasil penelitian ini ada 7 indikator dari hasil kuesioner siswa dan
wawancara guru yang memberikan sudut pandangan berbeda yaitu kejujuran,
sopan santun, toleransi, disiplin diri, kesadaran diri, mengatur emosi, dan
menggunakan emosi secara efektif. Sedangkan 3 indikator lainnya yaitu tolong
menolong, tenggang rasa, dan menjalin hubungan memberikan pandangan yang
sesuai dengan kedua responden.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya guru SDN Tasik Agung Rembang Jawa Tengah dapat memperbaiki sistem
pembelajaran yang lebih meningkatkan sikap sosial dan emosional siswa serta
menambah materi tentang pendidikan karakter

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:11
Last Modified: 08 Mar 2024 02:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2478

Actions (login required)

View Item
View Item