SAFITRI, ALVITA NANDA (2022) PENGGUNAAN MEDIA LAGU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA SDN REJOSARI 01 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ALVITA NANDA SAFITRI 17120053.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
ALVITA NANDA SAFITRI. NPM 17120053. “Penggunaan Media Lagu Pada
Pembelajaran Tematik Terhadap Kemampuan Berbahasa SDN Rejosari 01
Semarang”. Skripsi. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universtas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Ari Widyaningrum,
S.Pd., M.Pd., dan Dosen Pembimbing II Mei Fita Asri Untari, S.Pd., M.Pd.
Februari, 2022.
Konteks penelitian yang mendukung penelitian ini adalah media lagu bisa
digunakan sebagai media alternatif pembelajaran. Yang dimana peserta didik
ternyata masih
kurang dalam mengembangkan kemampuan berbahasa.
Kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh peserta didik penting. Karena
berbahasa merupakan suatu sistem komunikasi yang digunakan oleh manusia,
baik yang dihasilkan atau disampaikan secara lisan melalui isyarat yang dapat
diperluas kedalam bentuk tulisan.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media lagu pada
pembelajaran tematik terhadap kemampuan berbahasa di SDN Rejosari 01
Semarang?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan penggunaan media lagu pada pembelajaran tematik terhadap
kemampuan berbahasa di SDN Rejosari 01 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data
penelitian ini adalah guru, siswa kelas IV SDN Rejosari 01 Semarang. Penelitian
ini dilakukan dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara,
memberikan angket kepada siswa dan dokumentasi.
Hasil analisis penelitian ini adalah media lagu pada pembelajaran tematik
digunakan pada saat kegiatan inti pembelajaran dengan bernyanyi. Selama media
lagu diputar peserta didik merasa senang, tertarik,dan antusias. Dengan media
lagu peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Sehingga
penggunaan media lagu dapat meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik.
Hal ini ditunjukan oleh hasil wawancara bersama guru dan peserta didik kelas IV
SDN Rejosari 01 Semarang. Pernyataan ini diperkuat dengan hasil pembagian
angket peserta didik yang menunjukkan bahwa 88% penggunaan media lagu
terhadap kemampuan berbahasa dapat meningkat dilihat dari peserta didik dapat
menambah kosakata, dapat berbicara dengan baik dan benar.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah bagi
guru diharapkan lebih dapat mengoptimalkan penggunaan media dan pemberian
metode- metode pembelajaran yang tepat guna meningkatkan kemampuan
berbicara siswa-siswanya, sehingga kelak semakin kecil siswa yang mempunyai
kemampuan berbicara yang rendah, dan jika dilakukan secara optimal maka tidak
ada lagi siswa yang memiliki kemampuan berbicara rendah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 02:13 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 02:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2477 |