PENGARUH METODE READING ALOUD (MEMBACA NYARING) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 02 BALERAKSA KARANGMONCOL PURBALINGGA

MUHTAR, ADIB (2022) PENGARUH METODE READING ALOUD (MEMBACA NYARING) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 02 BALERAKSA KARANGMONCOL PURBALINGGA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ADIB MUHTAR 17120410.pdf] Text
ADIB MUHTAR 17120410.pdf

Download (2MB)

Abstract

ADIB MUHTAR. NPM 17120410. “Pengaruh Metode Reading Aloud (membaca
nyaring) Terhadap Keretampilan Membaca Peserta Didik Kelas II SD Negeri 02
Baleraksa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022.
Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan metode reading
aloud terhadap keterampilan mambaca peserta didik kelas II SD Negeri 02
Baleraksa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode
reading aloud (membaca nyaring) terhadap keterampilan membaca peserta didik
sebelum dan sesudah diajar dengan metode reading aloud.
Penelitian ini merupakan pra eksperimen menggunakan desain penelitian
one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas II SD Negeri 02 Baleraksa yang berjumlah 10 peserta didik. Teknik
yang digunakan dalam pengambilan sample adalah Teknik sampling jenuh.
Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah tes membaca, dokumentasi,
dan lembar observasi. Teknik yang digunakan statistic deskriptif dan statistic
inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh keterampilan membaca peserta
didik setelah diajar dengan metode reading aloud. Berdasarkan hasil analisis data
dengan menggunakan statistic deskriptif diperoleh hasil rata-rata sebelum diajar
dengan metode reading aloud sebesar 52,8 dan nilai rata-rata peserta setelah diajar
dengan metode reading aloud sebesar 85,7. Hasil analisis statistic inferensial hasil
penghitungan SPSS 25 menunjukan bahwa terdapat pengaruh keterampilan
membaca peserta didik setelah diterapkan metode reading aloud. Hal ini ditujukan
nilai sign. < = 0,05 (0,00 < 0,05) dalam artian ditolak dan diterima,
dengan tingkat kepercayaan 95% dikatakan bahwa Rata-rata nilai hasil
keterampilan mambaca peserta didik sebelum diajar menggunkan metode reading
aloud tidak sama dengan nilai rata-rata hasil keterampilan membaca peserta didik
setelah diajar dengan menggunakan metode reading aloud.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 02:04
Last Modified: 08 Mar 2024 02:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2475

Actions (login required)

View Item
View Item