ISMOHANDOYO, ADIAR (2022) ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI KAYEN 01 KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ADIAR ISMOHANDOYO 17120019.pdf
Download (2MB)
Abstract
ADIAR ISMOHANDOYO, NPM 17120019. “Analisis Penggunaan Gadget
Terhadap Perilaku Anak Sekolah Dasar Negeri Kayen 01 Kabupaten Pati”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Filia Prima Arthania, S.Pd., M.Pd dan Fajar
Cahyadi S.Pd., M.Pd. 2022
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dampak positif dan negatif dari
penggunaan gadget terhadap perilaku anak dilihat dari aspek menghomati guru, tolong
menolong terhadap siswa lain, sopan santun, peka dan cara berterimakasih serta penanganan
dampak penggunaan gadget terhadap perilaku anak sekolah dasar di SD Negeri Kayen 01.
Pada penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian
dan pembahasan tentang “Analisis Dampak Gadget Terhadap Perilaku Siswa Sekolah Dasar
Negeri Kayen 01 Kabupaten Pati” dapat disimpulkan bahwa dampak negatif penggunaan
gadget terhadap perilaku anak usia SD di SDN Kayen 01 yaitu berdampak pada
perkembangan sosial anak, seperti anak kurang aktif dalam bersosialisasi maupun kurang
aktif dalam kegiatan pembelajaran didalam kelas, lupa dengan lingkungan sekitar, dan
kurangnya waktu bermain bersama teman sebaya. Sedangkan dampak positif penggunaan
gadget pada anak yaitu mempermudah komunikasi, media hiburan anak, meningkatkan
kenyamanan dalam belajar, dan meningkatkan pengetahuan anak. Upaya mencegah
ketergantungan anak terhadap gadget yaitu orangtua memberi arahan, memberi pengertian,
memberi nasehat, dan lain sebagainya. Orangtua juga dapat memberikan aturan ketika anak
tetap ingin menggunakan gadget, orangtua perlu menjadi teladan yang baik bagi anaknnya.
Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan adalah orangtua membuat
beberapa aturan dirumah agar anak tidak telampau jauh dalam bermain gadget, atau dapat
dikatakan cara membimbing anak harus lebih diperhatikan dan diperlukan pendampingan
khusus ketika bermain gadget agar nantinya tidak berpengaruh kepada diri anak sendiri, saran
bagi guru juga harus memperhatikan penggunaan gadget siswa ketika di sekolah, baik kelas
rendah maupun kelas tinggi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 02:01 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 02:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2472 |