IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT AMAL INSANI DI KABUPATEN JEPARA

PARAMITHA, ADHELIA AUDRI (2022) IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT AMAL INSANI DI KABUPATEN JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ADHELIA AUDRI PARAMITHA 18120243.pdf] Text
ADHELIA AUDRI PARAMITHA 18120243.pdf

Download (7MB)

Abstract

ADHELIA AUDRI PARAMITHA. NPM 18120243 “Implementasi Permainan
Tradisional Engklek Berbasis Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Kelas IV Sdit Amal Insani Di Kabupaten Jepara”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong peelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
matematika pada materi bangun datar. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran
yang efektif dan peneliti tidak menemukan adanya media pembelajaran yang menarik
perhatian siswa. Hal ini tentu saja menjadi salah satu faktor penghambat siswa kelas IV
yang masih belum memahami pembelajaran matematika.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah permainan Tradisional Engklek
berbasis Etnomatematika efektif terhadap hasil belajar untuk Peserta Didik kelas IV
SDIT Amal Insani Jepara?. Tujuan peneliti hendak dicapai adalah untuk mengetahui
dampak implementasi terhadap hasil belajar peserta didik menggunakan permainan
Tradisional Engklek berbasis Etnomatematika kelas IV SDIT Amal Insani di Kabupaten
Jepara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-experimental
design dengan desain One Group Pretest Posttest Desain. Populasi penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas IV SDIT Amal Insani Kabupaten Jepara. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta didik. yang terdiri dari 16
perempuan dan 14 laki-laki dengan menggunakan Teknik Nonpropability sampling. Data
dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan perhitungan maka diperoleh rata-rata Pretest yaitu 62,5 dan rata-rata
posttest yaitu 80,2. Pada saat Pretest hanya ada 10 siswa yang tuntas dan 20 siswa lainnya
belum tuntas dengan ketuntasan belajar klasikal 33,33% setelah dilakukan posttest
terdapat 26 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang belum tuntas dengan ketuntasan klasikal
86,67%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis uji t bahwa thitung > ttabel yaitu
6,6658990125>2,045 maka Ha diterima sehingga permainan Tradisional Engklek efektif
diimplementasikan pada pembelajaran matematika berbasis Etnomatematika terhadap
hasil belajar peserta didik kelas IV SDIT Amal Insani Kabupaten Jepara.
Adapun saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah
Permainan tradisional engklek berbasis etnomatematika pada materi bangun datar dapat
dijadikan guru sebagai inovasi pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dalam proses
pembelajaran, serta membantu meningkatkan pemahaman peserta didik tentang materi
bangun datar matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 01:49
Last Modified: 08 Mar 2024 01:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2465

Actions (login required)

View Item
View Item