PERAN ORANG TUA SELAMA PEMBELAJARAN DARING KELAS III DI SDN PENGGARON KIDUL SEMARANG

FITYASTUTI, LIA (2022) PERAN ORANG TUA SELAMA PEMBELAJARAN DARING KELAS III DI SDN PENGGARON KIDUL SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
LIA FITYASTUTI. NPM 17120193.”Peran Orang Tua Selama Pembelajaran
Daring Kelas III Di SDN Penggaron Kidul Semarang”. Skripsi. Program
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang.
Konteks penelitian ini tentang pelaksanaan kewajiban pemerintah dan
Kemendikbud Indonesia memberlakukan kebijakan belajar dirumah dengan
sistem pembelajaran jarak jauh melalui metode sekolah online.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagsaimana peran orang tua dalam
mendampingi anak selama pembelajaran daring Di SDN Penggaron Kidul
Semarang?. 2) Kendala apa saja yang terjadi selama proses pembelajaran
daring?.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui peran orang tua selama pembelajaran daring kelas III Di SDN
Penggaron Kidul Semarang dilihat dari angket, wawancara dan dokumentasi
selama penelitian berlangsung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif secara deskriptif. Populasi
penelitian ini adalah peserta didik dan orang tua dari peserta didik Di SDN
Penggaron Kidul Semarang. Sampel dari penelitian ini adalah 8 peserta didik
kelas III dan 8 orang tua dari peserta didik kelas III Di SDN Penggaron Kidul
Semarang tahun pelajaran 2020/2021. Data yang diambil oleh peneliti melalui
angket, wawancara dan dokumentasi.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sangat
penting dan berpengaruh dalam proses pembelajaran daring atau jarak jauh Di
SDN Penggaron Kidul Semarang Tahun Ajaran 2020/2021 yaitu dengan
menggunakan aplikasi Whatsapp Group sebagai sarana utama selama
pembelajaran daring berlangsung. Pelaksanaannya dengan mengumpulkan tugas
yang dikirimkan melalui aplikasi whatsapp group dengan chat pribadi. Peran
orang tua selama pembelajaran daring meliputi: mendampingi, menjalin
komunikasi, memberikan kesempatan dan dorongan atau memberikan motivasi
kepada anak-anaknya.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran dapat disimpulkan adalah
pentingnya peran orang tua untuk meluangkan waktunya dalam mendampingi
atau menemani anak saat proses pembelajaran daring atau jarak jauh.
Kata kunci : peran orang tua, belajar, pembelajaran daring

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Mar 2024 08:19
Last Modified: 07 Mar 2024 08:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2459

Actions (login required)

View Item
View Item