WAHYUNINGDIKDO, ACHMAD TAUFAN (2022) KEEFEKTIFAN MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN KELAS V SDN SENDANGASRI REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Achmad Taufan WahyuningDikdo 18120002.pdf
Download (4MB)
Abstract
Achmad
Taufan
Wahyuningdikdo.NPM
18120002.―Keefektifan
Model
Blended Learning Terhadap Kemampuan Memahami Bacaan Tema 1 Organ
Gerak Hewan Dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SDN
Sendangasri Rembang‖.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarangn 2022. Pembimbing I Ikha
Listyarini, S.Pd., M.Hum dan pembimbing II Filia Prima Artharina, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya
hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Hal ini disebabkan kurangnya
variasi dalam penggunaan model dan media pembelajaran sehingga masih banyak
siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah Model Blended
Learning efektif terhadap hasil belajar Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia
Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SDN Sendangasri Rembang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Pre-Experimental
Desaign. Bentuk penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest
desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sendangasri
Rembang. Sampel yang diambil adalah 22 siswa kelas V dengan menggunakan
teknik Sampling Jenuh. Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian,
pretest,posttest,dokumentasi, dan lembar observasi.
Berdasarkan hasil analisis data yang diujikan diperoleh thitung = 5,622.
Kemudian dibandingkan dengan harga ttabel pada db = 21 dengan taraf α = 0,05
adalah 2,080. Kriteria pengujian hipotesis adalah Ho diterima apabila thitung < ttabel.
Pada hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel sehingga Ho diterima. Artinya ada
perbedaan rata-rata hasil belajar pretest dan hasil belajar posttest.
Dari hasil perhitungan diketahui bahwa hasil belajar posttest terdapat 20
ssiwa atau 91% yang telah mencapai KKM dengan rata-rata hasil belajar posttest
= 72,2 sedangkan hasil belajar pretest hanya terdapat 6 siswa atau 27% yang telah
mencapai KKM dengan rata-rata hasil belajar pretest = 57,9. Ketuntasan belajar
klasikal pada posttest telah mencapai 75% ,maka dapat disimpulkan bahwa model
blended learning efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V Tema 1 Organ Gerak
Hewan Dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 08:12 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 08:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2455 |