SARI, LESSYANA (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS III DI SD NEGERI 1 KUWARASAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
LESSYANA SARI. NPM 18120076. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam
Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Perkalian dan Pembagian Kelas III
Di SD Negeri 1 Kuwarasan Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2022.
Konteks dalam penelitian ini adalah tentang analisis kesulitan belajar siswa
dalam pemecahan masalah matematika pada materi perkalian dan pembagian kelas
III di SD Negeri 1 Kuwarasan Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.
Latar belakang penelitian ini adalah ketidakmampuan siswa dalam
menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika materi perkalian dan
pembagian. Permasalahan pada penelitian ini adalah : 1) apa saja kesulitan siswa
dalam pemecahan masalah matematika pada materi perkalian dan pembagian Kelas
III SD Negeri 1 Kuwarasan, 2) faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan siswa
dalam pemecahan masalah matematika pada materi perkalian dan pembagian Kelas
III Negeri 1 Kuwarasan, 3) upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi
kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi perkalian dan
pembagian Kelas III SD Negeri 1 Kuwarasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui kesulitan-kesulitan belajar siswa dalam pemecahan masalah
matematika materi perkalian dan pembagian, faktor yang mempengaruhi kesulitan
belajar tersebut, dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar
siswa dalam pemecahan masalah matematika materi perkalian dan pembagian kelas
III SD Negeri 1 Kuwarasan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (Qualitative research) yang
digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas
sosial, sikap, kepercayaan, perspektif, pemikiran orang secara individu maupun
kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1
Kuwarasan, guru dan orangtua siswa. Penelitian ini menggunakan metode
pengumpulan data observasi, wawancara, tes/soal, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Kuwarasan
mengalami kesulitan dalam memahim masalah sebesar 100%, merencanakan
penyelesaian sebesar 58,8%, melaksanakan penyelesaian sebesar 36,2%, dan
memeriksa kembali proses serta hasil sebesar 100%. Hal ini dikarenakan guru tidak
membiasakan siswa untuk menggunakan langkah pemecahan masalah ketika
menyelesaikan soal cerita matematika. Selain itu ada dua faktor yang
mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam pemecahan masalah matematika
materi perkalian dan pembagian yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu kepada
guru, sebaiknya membiasakan siswa untuk menyelesaikan soal matematika
menggunakan langkah pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 08:02 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 08:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2448 |