Mahmud, Aditiya (2022) IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS INSTITUT INDONESIA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ADITIYA MAHMUD 18210027.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Aditiya Mahmud ―Implementasi Tata Tertib Sekolah Untuk
Mengembangkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Di Sekolah
Menengah Atas Institut Indonesia Semarang‖, Program Studi Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan peneliti mengenai proses
penerapan tata tertib dari awal penyusunan, sosialiasasi, penerapan, penegakan,
umpan balik serta dampak dari adanya penerapan tata tertib di SMA Institut
Indonesia Semarang karena masih ada pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh
siswa disekolah tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
proses menerapkan tata tertib sekolah dalam membangun karakter disiplin dan
tanggung jawab siswa serta untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari
implementasi tata tertib sekolah dalam membangun karakter disiplin dan tanggung
jawab siswa di Sekolah Menengah Atas Institut Indonesia Semarang.
Jenis penelitian ini merupaan penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data berupa kata-kata diperoleh dari
wawancara dengan kepala sekolah, guru BK, guru PPKn, ketua koordinator
STP2K, siswa dan melalui catatan tertulis dan pengambilan foto dengan teknik
pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti
melakukan pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilitas yang meliputi,
triangulasi, dan menggunakan bahan referensi.
Hasil penelitan ini menunjukan tata tertib Sekolah Menengah Atas Institut
Indonesia Semarang disusun oleh kepala sekolah bersama waka kesiswaan, tim
STP2K (Satuan Tugas Pelaksana Pembinaan Kesiswaan), guru BK. Sosialisasi
tata tertib sekolah dilakukann kepada guru oleh Tim STP2K bersama kepala
sekolah dan waka kesiswaan, selanjutnya sosialisasi ditujukan untuk siswa yang
disosialisasikan oleh wali kelas masing-masing sesuai kelas yang diampu.
Penerapan Tata Tertib Sekolah tersebut sudah berjalan dengan baik walaupun
sesuai penelitian yang peneliti lakukan ada dua kasus pelanggaran yang sifatnya
kecil. Penegakan oleh pihak sekolah dilaksanakan sesuai Buku Penanganan
Pelanggaran Kedisiplinan dan Ketertiban Siswa SMA Institut Indonesia
Semarang. Setelah penerapan tata tertib sekolah terdapat evaluasi dari pihak guru,
siswa dan tenaga kependidikan. Dampak tata tertib yaitu meningkatnya sikap
tertib dan ketaatan pada tata tertib sekolah baik dari siswa, guru dan tenaga
kependidikan di SMA Institut Indonesia Semarang.
Kata Kunci: Implementasi, Tata Tertib, Disiplin dan Tanggung Jawab
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 07:58 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 07:58 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2447 |