ANALISIS PERAN GURU DALAM MENERAPKAN BUDAYA LITERASI FISIK SISWA KELAS 2 DI SD NEGERI PANDEAN LAMPER 01 SEMARANG

MUSTAQIM, ACHMAD (2022) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENERAPKAN BUDAYA LITERASI FISIK SISWA KELAS 2 DI SD NEGERI PANDEAN LAMPER 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ACHMAD MUSTAQIM 18120170.pdf] Text
ACHMAD MUSTAQIM 18120170.pdf

Download (7MB)

Abstract

ACHMAD MUSTAQIM. NPM 18120170 “Analisis Peran Guru Dalam
Menerapkan Budaya Literasi Fisik Siswa Kelas 2 Di SDN Pandeanlamper 01
Semarang”, Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Dr.
Ir. Anita Chandra DS., M.Pd., Asep Ardiyanto, S.Pd., M.Or.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah literasi fisik
merupakan kemampuan untuk bergerak dengan kompetensi dan kepercayaan diri
dalam beraktivitas fisik diberbagai lingkungan
yang bermanfaat bagi
perkembangan sehat seluruh pribadi. Maka guru perlu mengembangkan supaya
siswa mempunyai ketrampilan untuk bisa beraktifitas fisik, mempunyai
kepercayaan diri untuk berpatisipasi dalam aktifitas fisik, mempunyai pemahaman
akan pentingnya hidup aktif dan sehat.
Rumusan masalah dalam konteks penelitian ini adalah Bagaimana peran
guru dalam menerapkan budaya literasi fisik siswa kelas 2 di sd negeri pandean
lamper 01 semarang?.Mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam
menerapkan budaya literasi fisik siswa kelas 2 di sd pandean lamper 01 semarang.
Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat
deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan penelitian yang menggambarkan
peristiwa atau fenomena dengan data-data yang berbentuk informasi berupa
deskripsi dari SD Negeri Pandeanlamper 01. Teknik analisis data penelitian
kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan atau ada Sampel yang diambil adalah 30 siswa kelas II A dan B SDN
Gayamsari 02 Semarang.
Hasil penelitian yang diperoleh di lapangan menunjukan bahwa budaya
literasi fisik yang diterapkan siswa kelas II SDN Pandeanlamper 01 Semarang
memiliki kebiasaan menerapkan aktifitas fisik secara melek fisik. Dalam
kemampuan siswa untuk berpatisipasi dalam menjalankan aktifitas fisik dan
olahraga sangat belum diterapkan. Hal tersebut yang siswa kurang memiliki
ketrampilan untuk bisa beraktifitas fisik, tidak mempunyai kepercayaan diri untuk
berpatisipasi dalam aktifitas fisik, tidak memahami akan pentingnya hidup aktif
dan sehat
. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru tidak perlu ragu untuk
memberi perhatian khusus terhadap aktifitas fisik peserta didik, guru dapat
menjadi pengganti orang tua di lingkungan sekolah. Pembiasaan dan keterampilan
guru memberikan dampak baik dalam menerapkan budaya literasi fisik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:28
Last Modified: 07 Mar 2024 07:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2432

Actions (login required)

View Item
View Item