AQMAR, AMALINA ZATIL (2022) FAKTOR DETERMINAN KEMATANGAN PERENCANAAN KARIR SISWA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KERSANA). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AMALINA ZATIL AQMAR 17110065.pdf
Download (3MB)
Abstract
AMALINA ZATIL AQMAR. NPM 17110065. “Faktor Determinan
Kematangan Perencanaan Karir Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII
Akuntansi SMK N 1 Kersana)”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyak siswa yang
belum memiliki perencanaan yang matang dalam menentukan karir nya, terutama
pada siswa SMK. Kondisi yang memungkinkan berpengaruh dalam kematangan
karir adalah siswa kurang memahami mengenai penilaian dirinya, apa minat bakat
dan keterampilan yang dimiliki, siswa juga kurang memahami informasi seperti
pengetahuan tentang pendidikan dan pekerjaan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa faktor determinan
kematangan perencanaan karir siswa. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian
ini adalah untuk menganalisis Faktor determinan yang mempengaruhi kematangan
perencanaan karir siswa (studi kasus siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1
Kersana).
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan studi kasus. Sampel yang dipilih adalah siswa kelas XII
Akuntansi SMK N 1 Kersana, Brebes, Jawa Tengah. Data dalam penelitian ini
diperoleh dari hasil wawancara kepada 4 partisipan penelitian, wali kelas, dan
guru BK SMK N 1 Kersana.
Hasil dari penelitian ini menunjukan faktor- faktor yang mempengaruhi
kematangan perencanaan karir pada siswa meliputi faktor internal dan faktor
eksternal. Ada faktor yang paling dominan atau menjadi faktor determinan untuk
kematangan perencanaan karir siswa adalah tuntutan yang melekat pada masing�masing jabatan dan pada setiap program studi atau latihan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar
siswa mempunyai perencanaan karir yang matang, diharapkan dapat
mengembangkan diri dengan baik dan memiliki pilihan program studi yang sesuai
dengan arah karirnya. Guru BK diharapkan agar dapat membantu dalam
perencanaan karir untuk masa depan dengan memberikan bimbingan karir yang
sesuai dengan tahap perkembangan siswa secara teratur. Peneliti perlu
meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam menggali dan menganalisis
masalah.
Kata kunci: Karir, Perencanaan Karir, Faktor Perencanaan Karir
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 07:28 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 07:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2430 |