PENGARUH DURASI BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS 5 SD 1 SADANG KABUPATEN KUDUS

BASKORO, ACHMAD BAGUS (2022) PENGARUH DURASI BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS 5 SD 1 SADANG KABUPATEN KUDUS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ACHMAD BAGUS BASKORO 18120043.pdf] Text
ACHMAD BAGUS BASKORO 18120043.pdf

Download (4MB)

Abstract

ACHMAD BAGUS BASKORO. NPM 18120043. “PENGARUH DURASI
BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS 5
SD 1 SADANG KABUPATEN KUDUS”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
2022.
Latar belakang penelitian ini adalah banyak siswa yang bermain game
online menggunakan smarthphone sejak diterapkannya pembelajaran daring
hingga saat ini. Bermain game online sendiri dapat memberikan dampak negative,
salah satunya adalah bagi minat belajar siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pengaruh durasi
bermain game online terhadap minat belajar siswa kelas V SD 1 Sadang? (2)
berapa besar pengaruh durasi bermain game online terhadap minat belajar siswa
kelas V SD 1 Sadang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui
pengaruh durasi bermain game online terhadap minat belajar siswa kelas V SD 1
Sadang. (2) mengetahui berapa besar pengaruh durasi bermain game online
terhadap minat belajar siswa kelas V SD 1 Sadang.
Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif, desain penelitiannya adalah ex
post facto karena tidak ada perlakuan khusus pada variable bebas dan sudah
terjadi secara alami. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD 1 Sadang tahun pelajaran
2022/2023 dengan jumlah 19 siswa. Sampel yang diambil adalah 18 siswa dengan
menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan beberapa kriteria tertentu.
Data dalam penelitian diperoleh melalui angket dan dokumentasi.
Berdasarkan deskripsi data jawaban angket dari sampel penelitian
diketahui 6 siswa tidak bermain game online memiliki minat belajar tinggi. 5
siswa bermain game online dengan durasi normal memiliki minat belajar sedang.
Kemudian 7 siswa bermain game online dengan durasi tidak normal memiliki
minat belajar rendah. Artinya semakin lama siswa bermain game online, maka
minatnya semakin rendah.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan korelasi rank spearman,
diperoleh hasil nilai koefisien korelasi sebesar -0,902 yang berada pada tingkatan
sangat kuat pada tabel interpretasi, artinya durasi bermain game online dan minat
belajar memiliki hubungan atau pengaruh yang sangat kuat. Tanda negatif (-)
menunjukkan arah hubungan atau pengaruh yang berkebalikan, jika durasi
bermain game online meningkat maka minat belajarnya akan menurun. Hasil uji
determinasi menujukkan besarnya pengaruh dari durasi bermain game online
terhadap minat belajar siswa adalah 81,3%. Hasil uji hipotesis dengan uji z
diperoleh hasil bahwa z hitung 3,83 > z tabel 1,96 maka hipotesis alternatif (Ha)
diterima. Jadi ada hubungan atau pengaruh yang signifikan antara durasi bermain
game online terhadap minat belajar siswa kelas V SD 1 Sadang. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara durasi bermain game online
terhadap minat belajar siswa kelas V SD 1 Sadang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:14
Last Modified: 07 Mar 2024 07:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2426

Actions (login required)

View Item
View Item