KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH SISWA KELAS 5 SD N 2 BULUGEDE KABUPATEN KENDAL

Zaenuri, Achmad (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH SISWA KELAS 5 SD N 2 BULUGEDE KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ACHMAD ZAENURI  15230076 .pdf] Text
ACHMAD ZAENURI 15230076 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Achmad Zaenuri. NPM 15230076 “KEEFEKTIFAN MODEL
PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL
BELAJAR LOMPAT JAUH SISWA KELAS 5 SD N 2 BULUGEDE
KABUPATEN KENDAL”. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2021. Dosen Pembimbing I: Donny
Anhar Fahmi, S.Si., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Dr. Agus Wiyanto, S.Pd.,
M.Pd.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
kemampuan siswa dalam memahami teknik-teknik dasar dalam lompat jauh,
selain itu guru kurang memodifikasi pembelajaran lompat jauh agar lebih disukai
siswa karena siswa lebih tertarik dengan pembelajaran berbasis permainan.
Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran
Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar lompat jauh siswa kelas V
SDN 2 Bulugede Kabupaten Kendal.
Desain dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan jenis
One-Group Pretest-posttest Design yaitu dengan melakukan observasi sebanyak 2
kali yaitu sebelum diberikan Treatment dan sesudah di berikan Treatment.
Observasi yang di lakukan sebelum exsperimen disebut pretest, dan observasi
sesudah eksperimen disebut posttest.
Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar lompat jauh pretest
sebelum diberikan treatment sebesar 63,34 dengan varians data sebesar 79,975
dan standart deviasi sebesar 8,943. Sedangkan rata-rata hasil belajar lompat jauh
posttest setelah diberikan treatment sebesar 75,94 dengan varians data sebesar
155,673 dan standart deviasi sebesar 12,477. Maka terjadi peningkatan rata-rata
hasil belajar lompat jauh dari pretest ke posttest sebesar 9,05%..
Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian
model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) sangat efektif terhadap
meningkatnya hasil belajar lompat jauh.
Saran dalam penelitian ini unuk dapat memasukkan model pembelajaran
Team Games Tournament (TGT) dalam program memodifikasi pembelajaran
lompat jauh dan menyediakan sarana dan prasarana yang lebih baik agar hasil
belajar lompat jauh siswa kelas V SDN 2 Bulugede Kabupaten Kendal lebih baik
lagi.
Kata Kunci : Team Games Tournament (TGT), Lompat Jauh

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:06
Last Modified: 07 Mar 2024 07:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2419

Actions (login required)

View Item
View Item