AMINUDIN, CHOIRUL RIZZCHI (2022) TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI MA AL�HAMIDAH PADA MASA PANDEMI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
CHOIRUL RIZZCHI AMINUDIN 17110066.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Choirul Rizzchi Aminudin. 17110066. ”Tingkat Motivasi Belajar Siswa
Kelas XI di Ma Al-Hamidah pada Masa Pandemi”. Skripsi. Program Studi
Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
Wiwik Kusdaryani, Tri Hartini. Februari. 2022.
Berdasarkan latar belakang bahwa permasalahan siswa kelas XI MA AL�Hamidah pada Masa Pandemi yang muncul antara lain: tidak mengerjakan
pekerjaan rumah (PR), mencontek ketika tes/ujian berlangsung, tidak membawa
buku ke sekolah, kesulitan dalam mendapatkan informasi tentang cara belajar
efektif dan efisien, informasi tentang cara mempersiapkan diri menghadapai
tes/ujian, dan informasi tentang kesulitan menumbuhkan semangat belajar yang
menurun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
survey dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan mengungkapkan suatu apa
adanya. Subyek yang menjadi bahan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di
MA AL-Hamidah dengan jumlah siswa 36. Nilai tingkat motivasi belajar
diperoleh dari nilai penyebaran skala penelitian yang telah dianalisis validitas dan
reabilitas. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah korelasi
product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan
bahwa terdapat tingginya tingkat motivasi belajar siswa pada masa pandemi di
MA AL-Hamidah. Hasil analisis diketahui bahwa jumlah skor terendah adalah
0,353, skor tertinggi adalah 0,952, untuk skor rata-rata adalah 0,652. Maka dapat
dikatakan jumlah skor dapat diklasifikasikan dalam kategori motivasi belajar
siswa pada masa pandemi kelas XI di MA AL-Hamidah dengan presentase 100%.
Adapun tabel distribusi frekuensi motivasi belajar siswa pada masa pandemi
adalah sebagai berikut: 6 siswa dengan kategori sangat tinggi dengan persentase
16,2%, 5 siswa pada kategori tinggi dengan persentase 13,9%, 21 siswa pada
kategori cukup tinggi dengan persentase 58,3%, dan 4 siswa pada kategori rendah
dengan persentase 11,1%. Maka artinya terdapat tingkat motivasi belajar siswa
pada masa pandemi yang cukup tinggi. Saran yang dapat peneliti sampaikan
mengharapkan agar para siswa MA untuk terus meningkatkan semangatnya dalam
belajar, walaupun dalam kondisi pandemi.
Kata kunci : Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 07:06 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 07:06 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2417 |