PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS 5 SD NEGERI 3 PENADARAN

SILVIA, ADE DIAN (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS 5 SD NEGERI 3 PENADARAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ADE DIAN SILVIA 18120117.pdf] Text
ADE DIAN SILVIA 18120117.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ADE DIAN SILVIA. NPM 18120117. “Pengaruh Model Pembelajaran
Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tema 7 Subtema 1 Kelas 5 SD
Negeri 3 Penadaran”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen pembimbing I,
Choirul Huda, M.Si., M.Pd. dosen Pembimbing II, Prasena Arisyanto, M.Pd.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah SD Negeri 3 Penadaran belum
menggunakannya model pembelajaran sebagaimana kurikulum 2013 yang
mendorong agar tercipta pembelajaran yang aktif, inovatif, dan kreatif dalam
proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran
problem based learning dapat berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif, afektif,
dan psikomotor siswa tema 7 subtema 1 pada kelas 5 SD Negeri 3 Penadaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan
psikomotor siswa pada tema 7 subtema 1 di kelas 5 SD Negeri 3 Penadaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi
Experimental Design dan desain Non-Equivalent Control Design. Pupolasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 3 Penadaran. Sampel yang diambil
adalah sebanyak 34 siswa, dimana 17 siswa kelas kontrol dan 17 siswa kelas
eksperimen. Data dalam penelitian ini diperoleh dari obbservasi, wawancara, tes,
dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data pada kelas kontrol, diperoleh nilai pretests
terendah 37 dan tertinggi adalah 77 dengan rata-rata 55,18. Sedangkan nilai
posttest diperoleh nilai terendah adalah 40 dan nilai tertinggi adalah 83 dengan
rata-rata 67,71. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai pretest dengan nilai
terendah 33 dan nilai tertinggi 83 dengan rata-rata 56,24. Sedangkan nilai posttest
terendah adalah 40 dan tertinggi adalah 97 dengan rata-rata 80,18. Berdasarkan
analisis uji t polled varian, diperoleh nilai thitung diperoleh sebesar 2,90. Dengan db
= n1+n2 – 1 = 33 dan taraf signifikan 5% = 0,05, diperoleh ttabel 2,035. Jadi thitung >
ttabel = 2,90 > 2,035 jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning Terhadap
Hasil Belajar Tema 7 Subtema 1 Kelas 5 SD Negeri 3 Penadaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Mar 2024 06:49
Last Modified: 07 Mar 2024 06:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2413

Actions (login required)

View Item
View Item