YULISTIAN, YULISTIAN (2022) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN SIKAP PROSOSIAL SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 14 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
YULISTIAN 18110099.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Yulistian. NPM 18110099. Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Sikap
Prososial Siswa Kelas XI IPS SMA N 14 Semarang. Skripsi. Program Studi
Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.
2022. Pembimbing I Dra. Wiwik Kusdaryani, M.Pd.., Pembimbing II Farikha
Wahyu Lestari, S. Pd., M. Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi masalah yang terdapat di SMA negeri 14
Semarang ada beberapa peserta didik kurang kesediaannya untuk menolong orang
lain/teman sebaya ketika mengalami kesulitan, cenderung bekerja sendiri dan
berdiam diri. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah terdapat
hubungan kepercayaan diri dengan sikap prososial peserta didik kelas XI IPS SMA
Negeri 14 Semarang? Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan sikap prososial peserta
didik kelas XI IPS SMA Negeri 14 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang berlandaskan pada filsafat
positivisme dengan metode korelasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS
SMA Negeri 14 Semarang, dengan jumlah 108 siswa. Sampel diambil dengan
Teknik sampel jenuh sehingga sampel penelitian ini berjumlah 108 siswa. Data
penelitian ini diperoleh melalui skala kepercayaan diri dan sikap prososial siswa
dengan empat alternatif jawaban dari 24 item, 28 item dikatakan valid,dan hasil r
(0,753 dan 0,750 > 0,60) sehingga skala dikatakan reliabel.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa adanya
hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan sikap
prososial pada peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 14 Semarang. Hal ini
dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa
kepercayaan diri peserta didik mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan sikap
prososial, diketahui nilai korelasi antara variabel X dan Y sebesar 0,435 dan
diperoleh Sig = 0,000 yang berarti p < a. Hal ini menunjukkan H0 ditolak Hα
diterima dan koefisien determinasi sebesar yaitu sebesar 18,92%. Sementara
sisanya 81,08% terdapat hubungan dengan faktor lain.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan siswa dapat
memanfaatkan layanan bimbingan konseling dalam belajar memahami dan
mengontrol diri dalam menyesuaikan sikap dan prilaku. Guru pembimbing lebih
memperhatikan peserta didik dengan kepercayaan diri rendah. Penelitian
selanjutnya dapat mempertimbangkan penggunaan sikap prososial untuk
meningkatkan kepercayaan diri peserta didik sebagai tindak lanjut.
Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Sikap Prososial.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 02:03 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 02:03 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2403 |