SAFITRI, YULIE DIAN (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA MOTORIK KASAR ANAK MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU PADA KELOMPOK B DI TK AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH SEMARANG - JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2022-2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
YULIE DIAN SAFITRI 19156150.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
YULIE DIAN SAFITRI. NPM 19156150. “Upaya Meningkatkan Kemampuan
Kerja Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Gerak Dan Lagu Pada Kelompok B
Di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Semarang-Jawa Tengah”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
2023.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
perkembangan motorik kasar anak. Hal ini disebabkan karena kegiatan atau
pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi tanpa menggunakan gerak
yang melibatkan semua tubuh sehingga permainan yang berkaitan dengan
motorik kasar pun kurang maksimal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah upaya meningkatkan
kemampuan kerja motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan lagu efektif
terhadap motivasi anak?, 2) Apakah anak dapat mencapai ketuntasan belajar
dengan menerapkan kegiatan gerak dan lagu?, 3) Apakah kegiatan gerak dan lagu
efektif terhadap hasil motorik kasar anak?, Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan motorik kasar
menggunakan kegiatan gerak dan lagu pada Kelompok B TK Al Irsyad Al
Islamiyyah Semarang-Jawa Tengah dilihat dari ketuntasan belajar, motivasi, dan
hasil belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk Penelitian
Tindakan Kelas yang berisi penilaian keterampilan gerak anak. Penilaian
dilakukan sebanyak 2 siklus terdiri dari 3 pertemuan setiap siklusnya. Subjek
dalam penelitian ini adalah kelas B dengan jumlah 20 murid terdiri dari 9 anak
perempuan dan 11 anak laki-laki.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil kegiatan siswa
mengalami peningkatan. Pada saat dilakukan observasi pra tindakan, persentasi
kemampuan motorik kasar anak sebesar 10% untuk kategori Berkembang Sesuai
Harapan. Pada siklus I peserta didik yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH)
mengalami peningkatan sebanyak 25% dengan persentase 35%, sedangkan di
siklus II mengalami peningkatan 50% dengan persentase 85%. Hasil ini
menggambarkan bahwa melalui kegiatan gerak dan lagu dapat meningkatkan
motorik kasar di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Semarang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 02:00 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 02:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2402 |