PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK “TILIK” DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK SERTA MENUMBUHKAN MINAT SISWA UNTUK MENULIS CERITA PENDEK PADA KELAS XI SMA NEGERI 8 SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021

DWIPRASETYO, YULIANTO ARI (2023) PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK “TILIK” DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK SERTA MENUMBUHKAN MINAT SISWA UNTUK MENULIS CERITA PENDEK PADA KELAS XI SMA NEGERI 8 SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of YULIANTO ARI DWIPRASETYO 16410178.pdf] Text
YULIANTO ARI DWIPRASETYO 16410178.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Yulianto Ari DwiPrasetyo (16410178) “Penggunaan Media Film Pendek
TILIK Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Unsur Intrinsik Serta
Menumbuhkan Minat Siswa Untuk Menulis Cerita Pendek Pada Kelas XI SMA
Negeri 8 Semarang Tahun Ajaran 2020/2021”.Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa
dan Seni. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas
PGRI Semarang.
Pembelajaran sastra dianggap jauh dan terpisah dari materi pembelajran
bahasa lainya, sehingga tidak heran jika salah satu materi ujian nasional yang paling
sulit untuk dijawab oleh siswa ialah materi sastra. Kegiatan pembelajaran sastra
cenderung terbatas pada teori semata, di sisi lain dalam pembelajran bahasa
Indonesia, siswa harus menguasai empat keterampilan, yaitu: mendengarkan,
membaca, berbicara, membaca, dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk
kemampuan siswa dalam mengenali unsur intrinsik yang digunakan pada drama
atau film dan selanjutnya mengetahui minat siswa untuk menulis sebuah prosa
dalam sebuah ceita pendek.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan
metode deksriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini
menggunakan tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini ialah, Analisis Deskriptif yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara
mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul, Analisis Uji
Beda Berpasangan, untuk melihat efek dari penggunaan media film pendek dalam meningkatkan pengetahuan mengenai unsur intrinsik, Analisis Uji korelasi untuk
melihat apakah pengetahuan yang baik mengenai unsur - unsur intrinsik dari film
pendek berpengaruh pada minat siswa dalam menulis cerita pendek.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa media film pendek dapat
memberikan kontribusi bagi pembelajaran maupun praktis dimana penggunaan
media film pendek dapat lebih memungkinkan siswa dengan kualitas penjelasan
yang lebih rendah dalam memahami suatu pembelajaran.
Kata Kunci : Unsur Intrinsik, Minat, Film, Cerita Pendek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:58
Last Modified: 05 Feb 2024 01:58
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2401

Actions (login required)

View Item
View Item