PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN MEDIA CETAK TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI (GULING DEPAN) PADA SISWA KELAS VII SMP N 6 TAMAN KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG

Pradana, Rizal Adi (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN MEDIA CETAK TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI (GULING DEPAN) PADA SISWA KELAS VII SMP N 6 TAMAN KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Rizal Adi Pradana  17230210.pdf] Text
Rizal Adi Pradana 17230210.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang belum bisa
melakukan gerakan guling depan, bahkan ada yang merasa takut melakukan
guling depan sehingga tidak dapat berguling sama sekali. Oleh karena itu perlu
adanya pembaharuan pemilihan media pembelajaran di SMP Negeri 6 Taman.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah adakah pengaruh media pembelajaran
audio visual dan media cetak terhadap hasil belajar senam lantai (guling depan)
pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Taman.
Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian quasi eksperimen dan teknik pemberian tes sebelum perlakuan dan
setelah perlakuan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B SMP
Negeri 6 Taman menggunakan teknik sampel purposive sampling. Metode analisis
menggunakan Analisis statistik deskriptif.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran audio
visual dan media cetak (X) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y). Berdasarkan
hasil sebelum diberikan media pembelajaran audio visual dan media cetak terdapat
25 (39,68%) peserta didik yang tuntas dan 38 (60,32%) peserta didik yang belum
tuntas. Sedangkan setelah diberikan media pembelajaran audio visual dan media
cetak sebanyak 48 (76,19%) peserta didik yang tuntas dan 15 (23,81%) siswa yang
belum tuntas.
Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran audio visual dan media
cetak sama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar
siswa. Yang ditunjukan dari peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif
dan psikomotorik serta peningkatan hasil pre test dan post test. Saran, penerapan
media pembelajaran audio visual dan media cetak digunakan pada tingkat sekolah
menengah atas pertama terutama pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Taman,
dikarenakan media pembelajaran ini menekankan kepada kemudahan siswa dalam
belajar.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Guling Depan, Senam Lantai

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:24
Last Modified: 02 Feb 2024 02:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2386

Actions (login required)

View Item
View Item