UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B TK PGRI SERUTSADANG TAHUN AJARAN 2022-2023

ISLAMIATI, RENI (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B TK PGRI SERUTSADANG TAHUN AJARAN 2022-2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RENI ISLAMIATI  19156135.pdf] Text
RENI ISLAMIATI 19156135.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitan ini adalah banyak anak didik kelompok B di TK PGRI
Serutsadang yang masih belum bisa membaca. Hal ini dapat dilihat ketika anak istirahat,
anak tidak ada yang minat mengambil buku bacaan di pojok baca. Ketika guru bercerita
anak tidak mendengarkan dengan baik dll. Penerapan pembelajaran selama ini kurang di
terima oleh anak-anak atau kurang menarik sehingga anak-anak mengbaikan dan tidak
tertarik. Oleh karena itu, penggunaan metode yang menarik seperti bercerita menggunakan
kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca anak. Tujuan peneliti ini adalah
untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf pada anak usia dini melalui kartu
huruf di TK PGRI Serutsadang.
Metode peneliti yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Peneltian
Tindak Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya ada tigas pertemuan.
Subjek penelitian ini, yaitu anak kelompok B pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah
20 orang anak. Teknik pengumpulan data penelitian, yaitu melalui observasi, wawancara
serta studi dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan
kartu huruf peserta didik dapat mengikuti proses tersebut dengan senang dan antusias,
mereka mendengarkan dan memahami dengan baik. Dan ketika dilakukan tanya jawab
anak-anak menanggapi dengan atusias dan penuh semangat. Setelah dilakukan metode
bercerita menggunakan kartu huruf kemampuan membaca pada anak meningkat signifikan,
hal ini dapat dilihat ketika anak istirahat, banyak anak yang berminat membaca di pojok
baca. Presentase anak yang mengenal huruf hanya ada 5% anak saja pada pra siklus namun
frekuensi anak yang mengenal huruf meningkat menjadi 90% anak setelah diberikan
metode permainan kartu huruf sebanyak 2 siklus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Feb 2024 06:21
Last Modified: 01 Feb 2024 06:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2362

Actions (login required)

View Item
View Item