Khasanah, Tohirotul (2023) EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK TALKING CHIPS UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS XI SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Tohirotul Khasanah 19110169.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
TOHIROTUL KHASANAH. NPM 19110169. “Efektivitas Layanan
Bimbingan Kelompok dengan Teknik Talking Chips untuk Mengurangi Perilaku
Menyontek Siswa Kelas XI SMA Institut Indonesia Semarang”. Skripsi, Fakultas
Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr.Heri Saptadi
Ismanto, S.Pd.,M.Pd.,Kons Pembimbing II Farikha Wahyu Lestari, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan
perilaku menyontek siswa SMA Institut Indonesia Semarang. Tujuan dari
penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok
dengan teknik talking chips efektif untuk mengurangi perilaku menyontek siswa.
Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan design quasi experimental
design. Populasi penelitian berjumlah 158 siswa. Sample yang digunakan dari
populasi yaitu sebanyak 28 siswa yang dipilih secara acak menggunakan cluster
random sampling. Hasilnya, melalui uji t atau t-test dengan bantuan SPSS 25
diperoleh nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,026. Hal ini menunjukkan bahwa
nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, ada
pengaruh yang signifikan terhadap mengurangi perilaku menyontek siswa setelah
diberikan tindakan layanan Bimbingan Kelompok teknik talking chips. Saran dari
penelitian ini ialah layanan bimbingan kelompok teknik talking chips dapat
menjadi alternatif guru BK dalam mengatasi permasalahan seputar perilaku
menyontek siswa.
Kata kunci: Perilaku Menyontek, Bimbingan Kelompok, Teknik Talking Chips
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 04:21 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 04:21 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2344 |